Bayar Pajak Motor Nembak  KTP,  Bisa Gak Ya??

Bayar Pajak Motor Nembak  KTP,  Bisa Gak Ya??

Bayar Pajak Motor Nembak  KTP,  Bisa Gak Ya??

Bayar Pajak Motor Nembak  KTP,  Bisa Gak Ya?? – Membayar pajak adalah hal yang wajib baik itu berupa pajak kendaraan bermotor, pajak penghasilan atau pajak bumi dan bangunan. Di sini akan memfokuskan pembahasan pada pajak kendaraan bermotor dan membayar pajak motor nembak KTP banyak dilakukan di kalangan masyarakat luas.

Biasanya yang membayar pajak dengan cara nembak KTP ini adalah mereka yang memiliki kendaraan motor bekas atau bisa juga motor tersebut adalah motor yang baru.

Advertisements

Namun karena KTP si pemilik kebetulan hilang karena suatu alasan maka mau tidak mau mereka terpaksa menembak meski hal ini sebenarnya tidak boleh dilakukan.

Meski begitu sampai dengan saat ini hal tersebut masih tetap berjalan dan dalam pembahasan kali ini kita akan mengupas satu-persatu mengenai pembayaran pajak kendaraan bermotor yang kita lakukan dengan cara menembak KTP.

Bolehkah bayar pajak motor dengan nembak KTP?

Sebelum membahas lebih jauh tentang bayar pajak motor nembak KTP, tentu banyak yang tahu jika persyaratan yang harus dipersiapkan untuk membayar pajak motor tidak hanya menyediakan uang saja.

Namun ada beberapa persyaratan yang harus dilampirkan saat kita akan membayar pajak ini seperti surat STNK, BPKB motor dan KTP orang sesuai dengan nama pada STNK.

Saat kita membeli motor khususnya yang bekas kita hanya diberi surat berupa BPKB dan STNK. Lalu apa yang akan dilakukan jika kita akan membayar pajak namun salah satu persyaratan yang harus dilampirkan ada yang tidak lengkap.

Advertisements

Pihak petugas Samsat pasti akan meminta kita untuk melengkapi persyaratan yang harus dilampirkan. Salah satu cara yang biasa digunakan adalah dengan kita membalik namakan dahulu sebelum kita akan membayar pajak.

Membalik nama sebelum kita pergi membayar ke Samsat prosesnya lumayan panjang dan kita perlu datang ke kantor polisi untuk mengurusnya.

Bayar Pajak Motor Nembak  KTP,  Bisa Gak Ya??

Kita nanti akan dimintai beberapa persyaratan, dan tentu saja ada sejumlah uang yang mesti dibayarkan untuk keperluan administrasi dari proses balik nama ini.

Tetapi lebih baik menghabiskan waktu dan biaya untuk balik nama kendaraan daripada ke depannya menemui kendala karena jika belum dibalik nama maka BPKB motor tersebut juga sulit dijadikan sebagai jaminan ketika meminjam uang di pegadaian dan sejenisnya.

Bagi yang benar-benar awam dengan proses balik nama ini tidak perlu bingung karena petugas di sana siap memberikan bantuan semaksimal mungkin.

Sebagai informasi tambahan juga berdasarkan pengalaman ternyata ada juga kantor Samsat yang secara tegas tidak menerima bayar pajak motor nembak KTP.

Jadi mau tidak mau memang harus balik nama dulu dan aturan ini diberlakukan untuk menghilangkan proses calo. Demikian informasi seputar bayar pajak kendaraan bermotor semoga bisa menjadi tambahan informasi untuk anda sekalian.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply