Bayar Pajak Motor Nembak KTP 2019

Bayar Pajak Motor Nembak KTP 2019

Bayar Pajak Motor Nembak KTP

Bayar Pajak Motor Nembak KTP – Kemauan untuk membayar pajak merupakan suatu kesadaran yang timbul dari dalam diri seseorang. Artikel kali ini akan berbicara tentang nembak KTP dalam membayar pajak.

Nembak KTP ini menjadi pilihan terakhir dalam pembayaran pajak jika tidak ada pilihan lain yang dapat digunakan. KTP menjadi suatu hal yang cukup penting dan menjadi suatu pertimbangan apabila seseorang meminjamkan KTPnya kepada orang lain.

Advertisements

Sesuai Perkap Nomor 5 tahun 2012 tentang Regiden Ranmor yang mengatakan bahwa persyaratan pajak setahun sekali adalah KTP dan STNK.

Sedangkan untuk pengesahan lima tahunan membutuhkan KTP, STNK, ditambah BPKB dan cek fisik. Pembayaran pajak ini memang tidak dapat dilakukan jika salah satu persyaratan yang tidak komplit.

Apa yang harus dilakukan jika salah satu persyaratan tidak komplit?

Aturan merupakan sesuatu yang diciptakan agar masyarakat dapat lebih tertib dalam menjalani kehidupannya. Upaya wajib pajak yang ingin membayar pajak dengan nembak KTP merupakan sesuatu yang menyalahi aturan.

Beberapa Samsat telah melarang adanya pelanggaran aturan ini, karena KTP merupakan data identitas yang penting digunakan dalam verifikasi data yang ada sehingga sinkron dengan data kendaraan motor yang dimiliki.

Bayar Pajak Motor Nembak KTP

Jika anda tidak membawa persyaratan dengan komplit, anda dapat memanfaatkan jasa calo dan merogoh dana lebih banyak lagi sebagai upah atas jasa yang telah mereka berikan.

Advertisements

Atas kejadian ini, banyak orang yang memilih untuk mengganti atau membalik nama STNK dan BPKB sesuai dengan nama KTP pemilik yang sekarang.

Hal ini juga dapat menjadi cara untuk menghindari calo lagi ke depannya, sehingga dapat membayar pajak sesuai dengan aturan dan syarat yang berlaku.

Di beberapa daerah, petugas Samsat menambah biaya pembayaran pajak bagi warga yang tidak membawa KTP. Hal ini dilakukan untuk memberantas calo yang dapat merugikan masyarakat.

Ribetnya urus pajak

Mungkin ungkapan di atas dapat disampaikan pada sistem perpajakan zaman dahulu karena zaman sekarang ini para wajib pajak semakin dimanjakan dan dimudahkan dengan adanya pelayanan pajak online.

Bahkan di beberapa daerah seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur telah mulai merintis upaya pengembangan Samsat Online ini.

Sebenarnya pemerintah tidak bermaksud membuat warga negaranya susah dengan persyaratan saat bayar pajak, namun hal tersebut dilakukan agar data yang diinput antara data identitas pemilik pada motor dan identitas pemilik motor itu sinkron dan memiliki kesamaan.

Hal ini pun sebagai upaya dalam menangkap pelaku pencurian motor yang saat ini sedang marak terjadi di mana-mana. Suatu sistem pajak yang baik memang membutuhkan pengorbanan dan kritik dari masyarakat agar menjadi program yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Demikian artikel mengenai nembak KTP dalam membayar pajak motor, semoga bermanfaat.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply