Cara Bayar Pajak Motor Online Jawa Barat Plus Syaratnya

Cara Bayar Pajak Motor Online Jawa Barat Plus Syaratnya

Cara Bayar Pajak Motor Online Jawa Barat Plus Syaratnya

Cara Bayar Pajak Motor Online Jawa Barat Plus Syaratnya – Artikel kali ini akan membahas mengenai pajak motor online di Jawa Barat, semoga dapat menambah informasi anda khususnya warga Jawa Barat dalam pemanfaatan teknologi dalam bidang pembayaran pajak.

Bagi anda warga Provinsi Jawa Barat dapat memanfaatkan inovasi dari tim Pembina Samsat Jawa Barat yang mengembangkan program E-Samsat Jabar dalam pelayanan bayar pajak motor dan pengesahan STNK.

Advertisements

Semua prosesnya dilakukan secara online dan mekanisme pembayaran dilakukan melalui ATM beberapa Bank di seluruh Indonesia yang telah bekerja sama dengan Samsat Jawa Barat.

Pembayaran pajak motor melalui E-Samsat perlu memperhatikan identitas pemilik kendaraan yang harus sama dengan identitas pada rekening bank yang akan digunakan.

Wajib pajak juga tetap harus melakukan pengesahan STNK dan menukarkan struk pembayaran dengan SKPD di seluruh layanan Samsat yang ada di Jawa Barat paling lambat selama tiga puluh hari setelah pembayaran.

Mekanisme E-Samsat via Bank BRI

Sebenarnya pembayaran pajak motor online di Jawa Barat selain melalui Bank BRI dapat dibayarkan pula melalui Bank BJB, BCA, BNI, CIMB Niaga, dan Permata Bank tergantung rekening bank yang anda miliki dan sesuai dengan identitas pemilik kendaraannya.

Pada artikel ini akan membahas mengenai mekanisme pembayaran pajak motor online di Jawa Barat  melalui Bank BRI.

Advertisements
  • Pastikan NIK KTP yang tertera pada STNK/SKPD pemilik kendaraan sudah benar serta nama pemilik kendaraan sama dengan nama pemilik rekening bank. Hal ini sangat perlu diperhatikan karena jika tidak sesuai, proses pembayaran pajak motor tidak dapat dilakukan. Jika terjadi kesalahan pada salah satu berkas, anda dapat mengunjungi kantor pelayanan Samsat terdekat.
  • Langkah selanjutnya anda dapat mengunjungi ATM Bank BRI untuk melakukan transfer pembayaran.
  • Kemudian pada mesin ATM BRI anda lakukan log in seperti biasanya, lalu masuk ke menu “Pembayaran”, pilih “Lainnya” sebanyak dua kali. Setelah itu pilih “Pajak” dan terakhir pilih “E-Samsat”.
  • Lalu akan masuk ke menu pengisian kode bayar pada layar mesin ATM, kemudian masukkan 10 angka yang terdiri dari kode provinsi (Jawa Barat = 32) + tanggal jatuh tempo pajak motor andam kemudian tekan “Lanjutkan”.
  • Selanjutnya akan muncul besaran pajak motor yang harus anda bayar, dan pastikan data wajib pajak dan nama pemilik kendaraan sesuai dengan STNK anda.
  • Struk yang didapat harus diambil sebagai bukti penukaran dan pengesahan STNK di kantor Samsat terdekat.

Syarat E-Samsat di Jawa Barat

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply