Cara Membayar Pajak Motor Bekas 2019

Cara Membayar Pajak Motor Bekas 2019

Cara Membayar Pajak Motor Bekas

Cara Membayar Pajak Motor Bekas – Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai cara membayar pajak motor bekas. Sering kita jumpai di beberapa daerah banyak toko atau dealer yang menjual motor bekas.

Banyak alasan mengapa banyak yang masih memiliki motor yang dalam kondisi baik namun justru ingin menjualnya. Mulai dari dorongan kebutuhan keluarga yang harus terpenuhi dan mengharuskan motor tersebut dijual.

Advertisements

Bahkan tidak jarang dijumpai alasan mereka yang menjual motornya ke tempat dealer bekas karena gaya hidup mereka, dan masih ada banyak alasan lainnya yang menuntut mereka harus menjual motornya ke dealer motor bekas tersebut.

Untuk mereka yang membeli motor bekas ini juga memiliki beberapa alasan. Alasan utama yang tidak asing adalah karena murah dan terjangkaunya harga motor bekas atau second ini.

Bagaimana cara membayar pajak pada motor bekas?

Jika kita memiliki kendaraan bermotor tentu saja kita memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Dalam kurun waktu satu tahun kita diwajibkan untuk membayar pajak kendaraan bermotor ini dengan beberapa surat yang harus dilampirkan seperti surat STNK, BPKB motor, dan KTP pemilik motor di STNK.

Namun untuk beberapa pengguna motor yang harus membayar  pajak motor bekas, salah satu  kendala yang sering didapati saat mereka hendak membayar pajak adalah KTP pemilik motor tersebut.

Advertisements

Cara Membayar Pajak Motor Bekas

Karena belum tentu saat kita membeli motor yang ada di dealer motor bekas tersebut kita mengetahui secara detail mengenai pemilik asalnya.

Lalu apa yang mesti dilakukan sedangkan membayar pajak itu adalah hal yang wajib bagi tiap orang yang memiliki kendaraan bermotor.

Beberapa cara yang dapat dilakukan jika kita tidak memiliki KTP pemilik motor

Pertama, sebelum melakukan pembayaran pajak kendaraan ini lebih baiknya kita membalik namakan terlebih dahulu nama pemilik motor tersebut sebelumnya menjadi nama kita.

Yang dilakukan melalui proses ini lumayan rumit, karena kita harus berhubungan langsung dengan kantor kepolisian. Agar prosesnya cepat selesai kita juga harus memiliki atau mengenal orang  dalam atau orang yang bekerja di sana.

Pastinya jika kita akan membalik namakan surat-surat kendaraan tadi, kita akan dikenakan biaya di mana biaya yang diajukan itu belum termasuk dengan biaya untuk pajak kendaraannya.

Cara kedua bisa dengan menggunakan aplikasi KUDO untuk membayarnya. Ternyata pembayaran pajak bisa dengan aplikasi yang bisa kita unduh di Google Playstore.

Caranya jelas lebih mudah, kita cukup mengunduh aplikasi KUDOTOKEN dan kemudian ikuti prosedur yang  berlaku di KUDO.

Bagaimana pun juga untuk mempermudah proses pembayaran pajak motor bekas ini lebih baik melakukan proses balik nama lebih dulu agar ke depannya tidak repot-repot lagi saat membayar pajaknya di kantor Samsat. Jangan lupa untuk membayar pajak motor ini tepat waktu.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply