Cara Membayar Pajak Motor Online 2019

Cara Membayar Pajak Motor Online 2019

Cara Membayar Pajak Motor Online

Membayar Pajak Motor Online – Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan dalam bidang apapun, termasuk dalam hal bayar pajak motor online.

Kewajiban untuk membayar pajak motor untuk memperpanjang Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) sering kali membuat masyarakat kerepotan.

Advertisements

Hal tersebut karena wajib pajak harus mendatangi kantor Samsat dan menunggu antrean cukup lama yang berarti dapat membuang waktu produktifnya di tempat kerja.

Belum lagi tawaran calo yang sangat menggiurkan namun anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi ketika meminta bantuan mereka.

Dalam upaya peningkatan pelayanan pajak motor tahunan ini, Dinas Pendapatan Daerah melakukan inovasi yang menerima pembayaran pajak motor online melalui ATM. Terdapat beberapa layanan yang ada di Samsat online ini, yaitu :

Cara Membayar Pajak Motor Online

  • Motor keadaan pengesahan STNK 1 tahun.
  • Motor keadaan tidak ganti STNK.
  • Motor keadaan disertai dengan BPKB, KTP pemilik asli dan STNK.
  • Motor keadaan tak terlambat pajak lebih dari 1 tahun.
  • Motor tidak dalam keadaan hilang, rusak, lapor jual, laka, dan kriminal.

Inovasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu luang dan tidak ingin terkena denda apabila terlambat membayar pajak motor.

Sebenarnya sebelum ada peraturan pembayaran Samsat online ini terdapat beberapa daerah yang telah mengembangkan sistem ini, yaitu; DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Langkah pembayaran pajak motor secara online

Dalam melakukan bayar pajak motor online terdapat dua versi yang dapat dilakukan oleh anda. Cara pertama yaitu dengan mengirimkan sms terlebih dahulu agar mendapat kode pembayaran.

Advertisements

Berikutnya yaitu dengan langsung mendatangi ATM untuk membayar pajak motor, cukup dengan memasukkan tanda nomor kendaraan bermotor (plat) ke menu ATM.

Pada artikel ini akan dibahas langkah pembayaran pajak motor online menggunakan cara yang pertama (SMS), sebagai berikut.

  • Mengirim SMS untuk mendapatkan kode pembayaran

SMS dikirim ke nomor call center Samsat dari masing-masing daerah dengan format : esamsat [spasi] nomor angka [spasi] Nomor KTP kemudian kirim ke nomor tujuan.

  • Balasan SMS

Setelah mengirim SMS ke nomor yang dituju untuk mendapat kode pembayaran, tunggu beberapa saat untuk mendapatkan balasan mengenai informasi pembayaran pajak motor.

Akan ada dua SMS balasan yang masuk, pertama berisi rincian biaya pajak yang harus dibayarkan, sedangkan SMS kedua berisi informasi mengenai data kendaraan yang anda miliki.

  • Kode pembayaran

Kode ini dapat dilihat pada SMS yang pertama (berisi rincian biaya pajak) yang nomornya dapat digunakan saat membayar pajak motor di ATM.

  • Melakukan pembayaran di ATM

Pembayaran harus dilakukan pada ATM milik anda yang dilengkapi dengan kartu ATM serta identitas pemilik yang sama dengan data pada STNK motor yang akan digunakan untuk bayar pajak motor online. Pastikan struk pembayaran telah anda dapatkan sebelum meninggalkan mesin ATM.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply