Cara Membayar Pajak Motor yang Telat, Ini Kisaran Dendanya 2019

Cara Membayar Pajak Motor yang Telat, Ini Kisaran Dendanya 2019

Cara Membayar Pajak Motor yang Telat, Ini Kisaran Dendanya

Cara Membayar Pajak Motor yang Telat, Ini Kisaran Dendanya –  Artikel kali ini akan membahas mengenai pajak motor yang telat. Motor yang dimiliki memiliki kewajiban untuk dibayarkan pajaknya.

Pajak kendaraan bermotor termasuk pajak daerah yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Advertisements

Dalam pasal 1 ayat 12 dan 13 dijelaskan bahwa pajak kendaraan bermotor adalah pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor.

Pajak motor ini dibayarkan dalam dua waktu, ada pajak tahunan dan pajak lima tahunan. Pajak tahunan berfungsi untuk memperpanjang STNK, sedangkan pajak lima tahunan untuk mengganti tanda nomor kendaraan bermotor yang dilakukan dengan cara menyamakan nomor mesinnya.

Apa yang harus dilakukan jika telat bayar pajak motor?

Jika anda lupa membayar pajak motor anda perlu melakukan prosedur di bawah ini mengenai cara bayar pajak motor yang telat.

Advertisements
  • Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu berkas-berkas yang menjadi persyaratan ketika akan membayar pajak motor di SAMSAT. Berkas yang perlu dipersiapkan yaitu KTP, STNK, dan BPKB yang semuanya telah difoto kopi.
  • Setelah semua berkas telah siap, segeralah pergi ke SAMSAT agar mendapat nomor antrean yang awal sehingga tidak menunggu terlalu lama.
  • Ketika nomor antrean anda dipanggil, petugas akan memberikan formulir yang berisi nama, alamat, dan nomor polisi kendaraan yang harus anda isi sendiri.
  • Kemudian formulir yang telah diisi dikumpulkan kembali bersama berkas yang telah disiapkan berupa foto kopi KTP, STNK, dan BPKB.
  • Kemudian petugas akan memberikan formulir berwarna kuning serta membayar sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) dari PT. Jasa Raharja.
  • Setelah itu anda harus membayar pajak motor sekaligus denda akibat telat membayar pajak yang disertai dengan bukti telah melunasi tunggakan pajak.
  • Langkah terakhir, anda tinggal mengambil STNK yang telah selesai diproses.
  • Jangan lupa mengecek terlebih dahulu data yang tercetak pada STNK anda.

Berapa denda yang harus dibayar akibat telat membayar pajak motor?

Apakah anda pernah telat membayar pajak motor? Jika ya, maka anda harus membayar denda akibat keterlambatan pembayaran pajak motor sebesar 20 % dari pajak pokok yang biasanya anda bayarkan.

Mungkin anda sering kali lupa tidak membayar denda tersebut, maka setiap bulannya denda akan bertambah sebesar 2% dari pajak pokoknya.

Pemerintah telah memberikan kebijakan tentang batas maksimal denda tersebut terus bertambah, yaitu jika denda sudah mencapai 48%.

Maka jika lebih dari dua tahun anda tidak juga membayar denda, akan hanya akan dikenakan denda 48% dari jumlah pajak pokok serta ditambah pula dengan denda sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp. 32.000.

Demikian penjelasan mengenai pajak motor yang telat, semoga anda dapat menjalankan kewajiban pajak motor dengan tepat waktu agar tidak terkena denda.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply