Membayar Pajak Motor Tanpa KTP Pemilik 2019

Membayar Pajak Motor Tanpa KTP Pemilik 2019

Membayar Pajak Motor Tanpa KTP Pemilik

Membayar Pajak Motor Tanpa KTP Pemilik – Persyaratan untuk membayar pajak salah satunya adalah membawa KTP asli dari pemilik motor.

Hal tersebut berfungsi sebagai validasi data dan dasar hukumnya sangat jelas ada pada Perkap Nomor 5 Tahun 2012 pasal 79 ayat 1 b yang menyatakan bahwa untuk perorangan, terdiri atas Kartu Tanda Penduduk dan surat kuasa bermaterai cukup bagi yang diwakilkan oleh orang lain.

Advertisements

Namun pada kenyataannya, sering kali sang pemilik motor yang asli berhalangan hadir untuk mengurus pembayaran pajak.

Apalagi bila anda membeli motor bekas yang berkas motornya masih menggunakan identitas dari pemilik motor yang lama. Jika pemilik motor yang lama adalah tetangga anda sendiri tentunya mudah jika hanya meminjam KTP nya saja.

Tapi lain cerita bila sang pemilik motor yang asli telah pindah keluar kota, maka bayar pajak motor tanpa KTP pemilik menjadi hal yang rumit.

Apa yang harus dilakukan agar tetap dapat membayar pajak motor?

Terdapat banyak jalan menuju Roma, ungkapan tersebut sepertinya tepat bagi para pejuang wajib pajak namun terkendala masalah kartu tanda penduduk sebagai identitas yang harus sama dengan BPKB dan STNK.

Berikut ini yang dapat dilakukan agar anda tetap dapat bayar pajak motor tanpa KTP pemilik.

Membayar Pajak Motor Tanpa KTP Pemilik

  • Mutasi STNK dan BPKB motor

Hal ini memang alternatif yang membutuhkan waktu cukup lama lagi. Mutasi dilakukan untuk mengubah identitas diri sepeda motor kepada pemilik yang baru agar sesuai dengan identitas pada kartu tanda penduduk pemilik motor yang baru.

Advertisements

Mutasi ini dapat dilakukan sendiri di kantor Samsat setempat atau pun menggunakan bantuan biro jasa, khususnya bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu luang namun ingin tetap mengurus mutasi STNK dan BPKB.

  • Memanfaatkan jasa calo

Calo merupakan salah satu profesi yang ada di beberapa instansi pemerintahan. Hal ini juga menunjukkan bahwa pelayanan instansi tersebut belum efektif sehingga dapat memakan waktu banyak bagi seorang wajib pajak.

Biasanya pekerja kantoran akan sangat kehilangan waktu produktifnya ketika harus mengantri panjang.

Meskipun harus merogoh kocek yang lebih dalam, meminta pertolongan calo menjadi salah satu hal yang lebih efisien daripada membuang waktu produktif di tempat kerja untuk antre di Samsat.

  • Memanfaatkan E-Samsat

Pembayaran pajak ataupun perpanjangan STNK dapat dilakukan melalui aplikasi online yang lebih mudah dan efisien. Wajib pajak tidak perlu membuang waktu hanya untuk antre di kantor Samsat.

Cukup dengan memanfaatkan handphone pintar untuk bayar pajak motor tanpa KTP pemilik dan menggunakan ATM maupun internet banking secara mudah.

Demikian artikel yang kali ini mengenai kendala dalam bayar pajak karena KTP pemilik motor yang pertama tidak ada.

Semoga artikel yang berisi persyaratan dan apa yang harus dilakukan oleh wajib pajak yang tidak membawa KTP pemilik ini bermanfaat.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply