Syarat Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain 2019

Syarat Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain 2019

Syarat Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain

Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain – Kendaraan merupakan suatu hal penting yang kini dimiliki oleh banyak orang. Kemajuan teknologi membuat mobilitas masyarakat semakin tinggi.

Motor menjadi salah satu kendaraan yang menjadi favorit warga Indonesia dalam menemani aktivitasnya sehari-hari. Motor memiliki bentuk yang mudah dan fleksibel dibawa ke mana-mana, tidak perlu memikirkan tempat parkir yang sulit dan kemacetan di kota-kota besar.

Advertisements

Bentuk body motor yang saat ini diproduksi oleh produsen motor menjadikannya dapat melaju lebih gesit dan mampu menerobos kemacetan.

Oleh karena itu banyak orang yang meminati motor walaupun terkendala dana untuk membelinya. Membeli motor bekas merupakan salah satu alternatif cara bagi anda yang ingin sekali memiliki motor namun terkendala dengan dana yang ada.

Syarat Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain

Hal ini menyebabkan berkas-berkas penting seperti BPKB, STNK dan sebagainya masih atas nama orang pertama yang membeli motor tersebut.

Hal dapat menjadi suatu permasalahan, karena bayar pajak motor  atas nama orang lain memerlukan kartu identitas orang tersebut seperti KTP dan juga syarat lain sebagai bukti penguat bahwa motor tersebut bukan motor hasil curian.

Apa saja syarat yang perlu disiapkan jika membayar pajak atas nama orang lain?

Apabila anda ingin memperpanjang STNK atas nama orang lain (bayar pajak motor atas nama orang lain) maka syarat yang harus anda bawa ketika hendak membayar pajak motor anda yaitu KTP pemilik kendaraan yang sama dengan identitas yang ada pada STNK, kemudian difoto kopi.

Advertisements

Syarat lainnya yaitu STNK asli dan foto kopi sebanyak satu lembar, serta BPKB asli dan foto kopi sebanyak satu lembar pula.

Kemudian semua bukti dan kelengkapan tersebut dimasukkan ke dalam map, agar dapat segera diproses oleh petugas.

Cara membayar pajak atas nama orang lain

Jika anda hendak bayar pajak motor atas nama orang lain, berikut ini cara-caranya.

  • Pastikan anda telah membawa dokumen asli dari motor yang hendak dibayarkan pajaknya. Dokumen itu berupa BPKB, STNK, KTP yang semuanya harus dengan identitas yang sama. Misalnya pada STNK tertulis nama pemilik motor yaitu Sarip, maka KTP yang dibawa pun harus atas nama Sarip. Data identitas pemilik yang ada pada dokumen motor harus sama dengan data identitas diri sang pemilik motor. Jika tidak ada KTP pemilik motor yang asli, maka dapat diwakilkan dengan membuat surat kuasa.
  • Selain dalam bentuk asli, anda pun harus membawa dokumen BPKB, STNK, dan KTP yang sudah difoto kopi.
  • Ketika anda datang ke kantor Samsat, tentunya anda harus mengantri dan menunggu giliran saat nama anda dipanggil oleh petugas.
  • Ketika telah dipanggil, anda dapat menyerahkan dokumen yang telah disiapkan tadi dan petugas akan memberikan formulir yang harus anda isi.
  • Tidak lupa pula untuk membawa uang guna membayar pokok pajak, serta asuransi dari PT. Jasa Raharja.
  • Setelah itu tunggu sebentar hingga STNK yang baru telah selesai diproses.
Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply