Syarat Bayar Pajak Motor Online 2019

Syarat Bayar Pajak Motor Online 2019

Syarat Bayar Pajak Motor Online

Syarat Bayar Pajak Motor Online – Pada beberapa daerah yang telah mengembangkan sistem Samsat online dalam pelayanan perpanjangan STNK, pembayaran pajak, info tagihan pajak yang semuanya dilakukan melalui akses internet.

Namun pajak online ini hanya untuk pembayaran pajak motor tahunan (perpanjangan STNK), sedangkan untuk pajak lima tahunan tidak dapat dilakukan secara online.

Advertisements

Karena kesulitan dalam pemeriksaan fisik kendaraan yang harus diperiksa secara objektif oleh petugas dari kepolisian juga untuk menyamakan nomor mesin yang ada pada motor, dengan nomor yang ada di STNK.

Pajak lima tahunan ini juga berperan dalam perubahan nomor tanda kendaraan bermotor atau biasa disebut dengan plat motor.

Kenapa bayar pajak motor di Samsat online?

Samsat online merupakan pengembangan sistem dalam hal pajak kendaraan bermotor yang berusaha menggabungkan antar teknologi dan internet.

Pengembangan sistem ini mengedepankan kenyamanan warga sebagai konsumen di mana sebisa mungkin warga dapat membayar pajak dan mengetahui informasi mengenai pajak motornya di mana pun dan kapan pun secara real time.

Berikut ini beberapa keuntungan dalam penggunaan Samsat online.

Advertisements
  • Pemanfaatan waktu secara lebih bijak dan efisien karena tidak perlu antre panjang ketika dapat membayar pajak dengan sentuhan jadi pada layar handphone anda. Belum lagi jika anda kesiangan, maka anda akan dapat urutan antre di belakang bahkan dapat mengganggu waktu kerja anda.
  • Tidak perlu membawa dokumen-dokumen seperti BPKB, STNK, KTP baik yang asli maupun hasil foto kopi. Karena dalam dunia online hanya memerlukan nomor tertentu pada KTP dan STNK untuk dapat mengetahui jumlah tagihan pajak motor yang anda miliki.
  • Tidak akan bertemu dengan calo yang memiliki segudang rayuan manis untuk dapat meyakinkan warga bahwa memakai jasa calo lebih efektif dan efisien. Padahal jika anda memakai jasa calo, bisa dua kali lipat tagihan pajak anda yang keluar dari dompet anda.

Syarat bayar pajak motor online

Meskipun semuanya sudah serba instan dan canggih, namun suatu pengembangan sistem masih perlu mendapat kritik dan masukan.

Beberapa syarat dalam Samsat online pun perlu dipatuhi oleh warga demi ketertiban dan keberlangsungan sistem yang semakin baik.

Syarat bayar pajak motor di Samsat online yaitu :

  • Pelayanan Samsat online hanya menerima pengesahan STNK atau pembayaran pajak tahunan dengan jangka waktu satu tahun yang hanya memerlukan syarat STNK dan KTP pemilik dengan identitas yang sama.
  • Hanya berlaku untuk kendaraan yang tidak memerlukan pemeriksaan fisik seperti penggantian STNK dan nomor tanda kendaraan bermotor yang dilakukan lima tahun sekali.
  • Harus memiliki BPKB, KTP dan STNK pemilik dengan identitas data diri pemilik kendaraan yang sama.
  • Kendaraan motor tidak dalam keadaan lapor jual, kecelakaan, hilang, rusak, tindakan kriminal.
  • Wajib pajak memiliki nomor handphone yang dapat dihubungi.
  • Wajib pajak memiliki nomor rekening ataupun kartu ATM dengan atas nama yang sama dengan KTP, STNK dan BPKB yang dimiliki.
Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply