Syarat Bayar Pajak Motor Tanpa STNK

Syarat Bayar Pajak Motor Tanpa STNK

Syarat Bayar Pajak Motor Tanpa STNK

Syarat Bayar Pajak Motor Tanpa STNK – Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) merupakan suatu hal penting yang wajib dimiliki oleh pengendara motor maupun mobil. Sering kali dalam kegiatan razia yang dilakukan oleh polisi yang ditanyakan adalah STNK dan SIM.

Hal ini membuktikan bahwa STNK merupakan hal yang penting dan berisi tentang identitas motor yang kita miliki. Fungsi bayar pajak motor juga untuk memperpanjang STNK jika itu adalah pembayaran pajak tahunan dan penggantian STNK jika dibayarkan lima tahun sekali.

Advertisements

Riskan sekali jika kita memiliki kendaraan bermotor yang telah mati pajaknya selama bertahun-tahun. Jika ingin pergi ke mana-mana pasti tidak tenang karena takut adanya tilang dan razia.

Artikel ini akan membahas mengenai motor dan STNK yang wajib kita ketahui bersama sebagai pengguna kendaraan bermotor.

Syarat Bayar Pajak Motor Tanpa STNK

Apa itu STNK?

STNK diterbitkan oleh Samsat dengan pengesahan oleh tiga instansi yaitu Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT. Jasa Raharja.

Surat yang berisi nomor kendaraan ini berfungsi sebagai tanda bukti pendaftaran dan pengesahan kendaraan bermotor sesuai dengan identitas diri yang dimiliki. Identitas diri pada STNK dan KTP harus sama agar tidak ada kendala ketika hendak membayar pajak kembali.

Advertisements

Motor dan STNK itu merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, karena STNK berisi identitas pemilik yaitu nama pemilik, nomor polisi, alamat pemilik serta identitas kendaraan bermotornya yang berisi merk atau tipe, jenis atau model, tahun pembuatan, tahun perakitan, isi silinder, warna, nomor rangka, nomor mesin, nomor BPKB, warna TNKB, bahan bakar, kode lokasi dan informasi masa berlaku STNK itu sendiri.

Apa saja syarat yang harus dikumpulkan jika STNK hilang?

STNK merupakan salah satu dokumen berharga yang menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari motor. Jika STNK anda hilang apa yang harus dilakukan?

  • Meminta formulir permohonan
  • Melaporkan kepada polisi bahwa telah terjadi kehilangan STNK
  • Fisik kendaraan harus dicek sebagai upaya verifikasi data yang sudah dilegalisir
  • Membawa foto kopi BPKB
  • Membawa identitas diri seperti KTP atau KK

Apabila tidak ada STNK cukup sulit dalam proses pembayaran pajaknya, lain halnya dengan KTP yang dapat diwakilkan dengan surat kuasa. Upaya yang dapat dilakukan yaitu membuat surat keterangan hilang STNK dari kepolisian.

Apabila proses pengurusannya cukup lama, sedangkan tanggal jatuh tempo pajaknya semakin dekat maka dapat menggunakan biro jasa yang memiliki ongkos jasa yang lebih murah dibandingkan dengan calo.

Anda hanya perlu memberikan foto kopi BPKB dan KTP dan sisanya akan dikerjakan oleh biro jasa dengan lebih cepat daripada pengurusan secara manual.

Untuk mempermudah pekerjaan biro jasa, sertakan pula surat laporan kehilangan yang diterbitkan oleh Polri. Demikian artikel mengenai motor dan STNK yang ternyata mempunyai hubungan yang erat satu sama lain.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply