Apa Syarat Perpanjang Pajak STNK Motor Online 2019

Apa Syarat Perpanjang Pajak STNK Motor Online 2019

Apa Syarat Perpanjang Pajak STNK Motor Online

Apa Syarat Perpanjang Pajak STNK Motor  – Artikel kali ini akan membahas mengenai perpanjang pajak STNK motor online. STNK merupakan salah satu dokumen motor yang wajib anda bawa ketika bepergian. Apalagi bagi anda yang menyukai jalan-jalan menggunakan kendaraan pribadi.

STNK menjadi hal wajib yang harus ada dalam dompet anda, karena ketika anda sedang lupa membawa STNK dan apes karena terkena razia polisi maka kendaraan anda dapat ditahan di kantor polisi karena diduga hasil curian.

Advertisements

Ternyata STNK itu mempunyai umur loh, STNK harus dilakukan perpanjangan setiap tahunnya dengan cara membayar pajak. Terdapat dua jenis pajak yang berlaku pada sebuah STNK, yaitu :

Apa Syarat Perpanjang Pajak STNK Motor Online

  • Pajak STNK tahunan yang dilakukan untuk mendapatkan paraf dan cap dari pihak kepolisian sebagai bukti pengesahan yang tercetak dalam kolom yang ada pada STNK.
  • Pajak STNK lima tahunan, berupa penggantian kertas STNK dan tanda nomor kendaraan bermotor ke yang baru. Pajak ini disertai dengan pemeriksaan fisik untuk menyamakan nomor rangka dan nomor mesin yang tercetak pada bodi motor.

Syarat perpanjangan STNK tahunan maupun lima tahunan

Beberapa berkas yang dapat anda siapkan untuk memenuhi syarat perpanjangan STNK motor tahunan yaitu STNK asli dan fotokopi, fotokopi BPKB, KTP asli dan foto kopi yang identitas dirinya sesuai dengan identitas diri yang tercantum pada STNK dan BPKB.

Advertisements

Untuk syarat bagi perpanjangan STNK lima tahunan yaitu sama dengan syarat pada perpanjangan STNK tahunan hanya ditambah dengan cek fisik kendaraan di kantor Samsat terdekat.

Apa bedanya dengan perpanjangan STNK secara online?

Perpanjangan STNK secara online tentunya lebih efektif karena tidak perlu membuang waktu terlalu lama untuk mengantre di kantor Samsat yang bukanya sama-sama di hari kerja.

Samsat online dapat menjadi pilihan untuk menunaikan kewajiban anda sebagai warga negara yang baik. Berikut ini beberapa persyaratan perpanjangan pajak STNK motor online.

  • Sistem online dalam pembayaran pajak dan perpanjangan STNK ini hanya untuk pajak yang sifatnya tahunan. Pajak lima tahunan tetap harus dilakukan di kantor Samsat karena ada proses pemeriksaan fisiknya.
  • Pada beberapa Samsat online menerapkan persyaratan waktu pembayaran. Seperti yang dilakukan oleh Samsat online di DKI Jakarta yang menetapkan peraturan bahwa perpanjangan pajak secara online dilakukan empat puluh hari sebelum jatuh tempo. Karena jika lebih dari batas waktu yang diberikan oleh petugas, maka wajib pajak harus mendatangi kantor Samsat dan melakukan pembayaran pajak secara konvensional.
  • Data diri pemilik motor yang tercantum pada STNK harus sama dengan yang tercantum pada KTP.
  • Menjadi salah satu nasabah dari Bank yang bekerja sama dengan Samsat online, dengan nama rekening yang sama dengan identitas pada STNK dan KTP pemilik motor.

Demikianlah artikel mengenai perpanjangan pajak STNK motor online yang dapat menjadi solusi bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu luang. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply