Apakah Bisa Memperpanjang Pajak Sebelum Jatuh Tempo?

Apakah Bisa Memperpanjang Pajak Sebelum Jatuh Tempo?

Apakah Bisa Memperpanjang Pajak Sebelum Jatuh Tempo?

Memperpanjang Pajak Sebelum Jatuh Tempo? – Dengan adanya kemajuan teknologi semua hal bisa dijalankan secara online termasuk membayar pajak kendaraan bermotor. Pajak kendaraan bermotor memang wajib dibayarkan.

Sudah seharusnya sebagai warga yang baik kita membayar pajak kendaraan kita sebelum jatuh tempo tanggal pajaknya. Jangan menunggu sampai kita ditilang baru akan membayar pajak.

Advertisements

Namun karena pelayanan yang lambat juga menyebabkan masyarakat malas membayar tepat waktu, masyarakat sekarang inginnya serba praktis tidak perlu pergi jauh dan antri berjam-jam.

Apakah Bisa Memperpanjang Pajak Sebelum Jatuh Tempo?

Untungnya sekarang memperpanjang pajak sangat mudah, kita tinggal melakukan pembayaran secara online. Dengan memperpanjang pajak secara online kita dapat meminimalisir keterlambatan pembayaran pajak motor kita. Sangat disayangkan apabila kita tidak menggunakan fasilitas ini.

Dulu mungkin kita membayar pajak sebelum jatuh tempo memang sulit karena Samsat sudah melayani beribu-ribu orang yang pajak kendaraan motor sudah melebihi jatuh tempo. Karena itu bagi para pemilik kendaraan dianjurkan untuk membayar pajak mereka pada waktu jatuh tempo.

Tips Menghindari Biaya Pajak Kendaraan Bermotor Yang Banyak

Biaya pajak kendaraan memang tidaklah murah, untuk satu kendaraan saja kita harus mengeluarkan biaya sampai ratusan ribu.

Padahal pada zaman sekarang satu orang saja bisa memiliki lebih dari satu jenis kendaraan bermotor. Anda pasti pusing kalau anda harus membayar denda dikarenakan membayar pajaknya melebihi jatuh tempo.

Advertisements

Padahal denda akibat membayar pajak yang telat tidaklah sedikit, yang harusnya uang itu bisa untuk mencukupi kebutuhan pokok malah habis untuk membayar denda. Dan inilah tips yang anda bisa pelajari untuk menghindari biaya pajak kendaraan bermotor yang banyak.

  • Langkah yang pertama adalah pilih motor yang nominal pajaknya rendah, beli motor yang tidak komersil dalam artian motor yang umum dikendarai, seperti motor matic, ataupun bebek. Jangan membeli motor sport ataupun motor gede karena selain pajaknya mahal denda akibat telat juga mahal.
  • Langkah kedua adalah jangan mengatasnamakan motor anda dengan satu nama, misalnya anda mempunyai motor 3 jangan semua BPKB motor itu atas nama anda. Karena semakin anda mempunyai motor yang atas nama sendiri maka pajak motor anda akan berlipat ganda.
  • Langkah ketiga adalah jika kita membeli motor bekas, langsung cepat-cepat dibalikkan namanya jangan tetap atas nama pemilik sebelumnya karena itu juga mempengaruhi besarnya pajak anda.
  • Langkah keempat adalah jangan membeli kendaraan bermotor beda dengan domisili anda karena setiap daerah pajak kendaraan bermotor juga berbeda-beda.
  • Langkah kelima adalah memperpanjang pajak kendaraan bermotor anda sebelum jatuh tempo, karena kalau melebihi jatuh tempo anda akan dikenakan denda.
  • Langkah yang terakhir adalah jangan sekali-kali menggunakan jasa calo. Memang tidak repot tetapi biaya yang akan dikeluarkan malah menjadi lebih banyak, yang seharusnya hanya 200 ribu malah bisa mencapai 300 ribu. Itulah sedikit cara untuk mengurangi biaya pajak yang berlebihan semoga bermanfaat bagi kita semua.
Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply