Bayar Pajak Motor Tanpa BPKB Apa Bisa?

Bayar Pajak Motor Tanpa BPKB Apa Bisa?

Bayar Pajak Motor Tanpa BPKB Apa Bisa?

Bayar Pajak Motor Tanpa BPKB Apa Bisa? – Bukan menjadi rahasia umum apabila BPKB itu tidak ada, bukan karena kendaraan bermotor hasil pencurian tetapi dikarenakan kebutuhan hidup.

Kebutuhan hidup yang semakin bertambah membuat kita mencari penghasilan tambahan apabila sudah mepet dan tidak mempunyai penghasilan tambahan. Jalan satu-satunya adalah menggunakan BPKB kita sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman dana.

Advertisements

Tetapi apakah sulit nantinya pada waktu kita melakukan bayar pajak motor? Tentu tidak karena sekarang sudah banyak kebijakan dari pemerintah yang memudahkan kita untuk membayar pajak dengan  BPKB asli ataupun tidak tanpa menggunakan BPKB.

Cara Membayar Pajak Motor Tanpa BPKB

Membayar pajak memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai warga negara, tetapi membayar pajak juga memiliki prosedur-prosedur tersendiri.

Banyak syarat yang harus dilengkapi waktu kita melakukan pembayaran pajak, khususnya pembayaran pajak kendaraan bermotor kita.

Kalau memang persyaratannya sudah terpenuhi memang prosesnya akan berjalan dengan lancar, tapi apakah kalau salah satu syarat utama tidak ada akan menghambat proses pembayaran?

Salah satu syarat yang utama adalah memiliki BPKB, tetapi kebanyakan dari kita sudah menggunakan BPKB asli untuk jaminan pinjaman dana. Dan berikut ini cara bayar pajak motor tanpa BPKB.

Advertisements

Bayar Pajak Motor Tanpa BPKB Apa Bisa?

  • Sama dengan proses waktu kita membayar pajak dengan menggunakan BPKB, kita tinggal datang ke Samsat dan menyiapkan persyaratan. Untuk persyaratannya adalah fotocopy KTP sesuai dengan STNK, fotocopy STNK, dan bedanya ini kita harus tahu nomor rangka kendaraan dan nomor mesin kendaraan saja tampa harus memperlihatkan BPKB asli kita. Karena di perundang-undangan sudah tercantum bahwa membayar pajak bisa tanpa BPKB.
  • Cara berikutnya adalah kita tinggal datang ke Samsat keliling, biasanya Samsat keliling berada di kantor desa, ataupun kantor kecamatan. Untuk persyaratannya sama seperti kita membayar di kantor Samsat.
  • Cara yang selanjutnya adalah membayar pajak kendaraan kita melalui situs Samsat online, atau membayar lewat ATM langsung. Cara membayar lewat ATM langsung yang terbilang mudah, caranya adalah anda harus mempunyai rekening di bank di antaranya Bank BTPN, BNI dan BUKOPIN. Setelah itu gunakan ATM Bank yang sesuai dengan rekening bank anda jangan gunakan ATM bersama ataupun ATM LINK. Setelah itu masukan kartu dan pilih menu lain, pembayaran, PKB/STNK, E-samsat.

Untuk mengetahui kode wilayah kendaraan kita maka anda harus membuka menu lain, pembayaran, PKB/STNK, nopol.

Setelah mengetahui kode wilayah tinggal memasukan nomor polisi kendaraan anda untuk kode huruf setelah nomor polisi kendaraan anda, bisa anda masukan kode alfabetnya mislanya R 4256 AB anda bisa mengetiknya dengan R 4256 0102.

Setelah itu akan muncul jumlah total pajak kendaraan yang harus anda bayar. Pilih bayar dan cetak bukti pembayarannya, karena bukti pembayarannya digunakan sebagai tanda bukti. Demikian informasi mengenai cara bayar pajak motor tanpa BPKB semoga bisa bermanfaat.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply