Bayar Pajak STNK Di Bank Jatim Berapa Biayanya?

Bayar Pajak STNK Di Bank Jatim Berapa Biayanya?

Bayar Pajak STNK Di Bank Jatim Berapa Biayanya?

Bayar Pajak STNK Di Bank Jatim Berapa Biayanya? – Kita memang harus menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, selain untuk menghindari sanksi kita juga bisa menjaga nama baik kita sendiri dengan cara menaati hukum.

Salah satu peraturan yang wajib kita patuhi adalah membayar pajak, ada berbagai jenis pajak di negara ini di antaranya adalah pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan dan juga pajak kendaraan bermotor.

Advertisements

Dalam artikel ini akan menerangkan bagaimana cara membayar pajak kendaraan lewat bank. Kini membayar pajak bisa melalui website resmi milik pemerintah atau bisa juga dilakukan lewat ATM maupun internet banking.

Pemerintah sudah banyak bekerja sama dengan bank-bank lokal di Indonesia salah satunya adalah bayar pajak STNK di Bank Jatim.

Cara Membayar Pajak Di Bank Jatim

Membayar pajak secara online mungkin akan terlihat ribet untuk masyarakat yang tidak tahu tentang teknologi atau bisa dibilang gaptek.

Pihak berwajib khususnya polisi memang sedang menggalangkan program pembayaran pajak motor melalui situs resmi Samsat. E-Samsat adalah situs resmi yang dibuat pemerintah untuk memudahkan masyarakat untuk melakukan proses pembayaran pajak kendaraan.

Pembayaan pajak memang bisa dilakukan secara online, tetapi tempat kita bertransaksi adalah bank, dan salah satu bank yang bekerja sama dengan pemerintah adalah Bank Jatim.

Bayar Pajak STNK Di Bank Jatim Berapa Biayanya?

Berikut adalah cara bayar pajak STNK di Bank Jatim.

Advertisements
  • Kunjungi situs http://www.esamsatjatim.com, setelah masuk pada situs ini anda akan diwajibkan mengisi form. Form tersebut berisi data kota anda, Samsat asal , nomor kendaraan anda dan juga kode acak.
  • Setelah data benar anda akan melihat jumlah biaya dari pajak kendaraan motor anda. Pada halaman ini anda akan mengetahui biaya PKB yang meliputi denda,biaya pokok,dan bunga, juga informasi biaya sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) serta biaya parkir pelanggan.
  • Setelah anda merasa biaya itu benar maka anda harus mengisi no rangka dan no BPKB kendaraan bermotor yang anda miliki.
  • Situs akan memverifikasi jenis kendaraan dan kepemilikan kendaraan bermotor anda, apakah sesuai dengan data anda isi tadi atau tidak. Bila benar datanya, maka akan tampil pilihan kota dan Samsat tempat anda akan mengambil nota pembayaran pajaknya.
  • Bila anda sudah mengisi kota dan Samsat yang anda inginkan, maka situs ini akan menampilkan pilihan bank-bank yang menjadi tempat pembayaran pajak kendaraan bermotor anda.
  • Bank pilihan anda akan menyediakan beberapa fasilitas pembayaran di antaranya bisa lewat ATM, SMS banking atau lewat internet banking.
  • Setelah anda mengisi itu semua, anda akan mendapat kode bayar yang nantinya akan anda gunakan untuk melakukan proses pembayaran.
  • Setelah proses pembayaran selesai anda akan menerima nota pembayaran yang nantinya bisa anda gunakan untuk mengambil nota pembayaran di Samsat yang anda pilih tadi.

Demikianlah sedikit ulasan mengani langkah-langkah bayar pajak STNK di Bank Jatim, semoga bisa menjadi panduan anda untuk melakukan pembayaran pajak secara online.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply