Cara Bayar Pajak Bukan Atas Nama Sendiri Ikuti Petunjuknya

Cara Bayar Pajak Bukan Atas Nama Sendiri Ikuti Petunjuknya

Cara Bayar Pajak Bukan Atas Nama Sendiri Ikuti Petunjuknya

Cara Bayar Pajak Bukan Atas Nama Sendiri Ikuti Petunjuknya – Banyak orang yang ingin mempunyai kendaraan bermotor karena kendaraan bermotor sudah menjadi kebutuhan pokok. Tempat kerja atau tempat sekolah yang jaraknya jauh menjadi alasan utama masyarakat untuk memiliki kendaraan bermotor.

Tetapi untuk memiliki kendaraan bermotor kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, untuk memiliki motor baru saja kita harus mempunyai uang minimal 16 juta lebih.

Advertisements

Maka dari itu banyak orang yang memilih untuk membeli motor second alias motor bekas meskipun itu akan menghambat cara bayar pajak bukan atas nama sendiri.

Yang namanya kendala pasti ada pemecahannya, dan pemecahan masalah dari membayar pajak kendaraan bermotor bukan atas nama sendiri.

Petunjuk Cara Membayar Pajak Bukan Atas Nama Sendiri

Cara bayar pajak bukan atas nama sendiri yang dulu masyarakat gunakan adalah dengan menggunakan jasa calo. Calo memang banyak yang menawarkan jasa ini, anda bisa menemukan calo di Samsat daerah anda.

Memang menggunakan jasa calo memudahkan kita dalam melakukan proses pembayaran pajak, tetapi biaya yang nantinya akan dikeluarkan juga tidak sedikit.

Padahal masyarakat Indonesia masih banyak yang tidak mampu, dengan adanya biaya besar yang diminta oleh calo maka akan memberatkan masyarakat.

Advertisements

Untuk itu sangat dibutuhkan sosialisasi mengenai cara membayar pajak kendaraan atas nama orang lain. Berikut adalah beberapa petunjuk mengenai cara membayar pajak bukan atas nama sendiri.

Cara Bayar Pajak Bukan Atas Nama Sendiri Ikuti Petunjuknya

Sebelum anda melakukan pembayaran anda harus menyiapkan beberapa dokumen yang akan anda butuhkan. Dokumen tersebut adalah fotocopy STNK, BPKB, dan juga fotocopy KTP pemilik kendaraan motor sebelumnya.

Setelah itu sudah terkumpul selanjutnya anda harus membeli map sesuai dengan kendaraan yang anda miliki, kalau kendaraan anda motor maka map yang anda harus miliki adalah warna kuning dan bila mobil maka mapnya harus berwarna merah muda. Setelah itu serahkan map tersebut ke loket, nanti anda akan diberi formulir.

Isilah formulir itu sesuai dengan data kendaraan anda jangan sampai ada yang salah. Setelah formulir selesai diisi serahkan lagi ke loket selanjutnya.

Pada proses ini akan dilakukan verifikasi kelengkapan dokumen anda, jika sudah lengkap nanti anda akan disuruh untuk menunjukkan BPKB asli kendaraan bermotor anda.

Setelah itu anda akan menunggu panggilan untuk membayar pajak kendaraan bermotor anda. Pada proses ini terbilang sedikit lama karena orang akan membayar dan menunggu kembalian atau bukti pembayaran.

Setelah anda selesai melakukan pembayaran kita tinggal menunggu STNK kendaraan bermotor kita jadi dan selesai sudah proses pembayaran kendaraan bermotor kita.

Tidak sulit dan tidak ribet bukan, jadi sudah jangan lagi menggunakan jasa calo. Itulah sedikit petunjuk mengenai cara bayar pajak bukan atas nama sendiri, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan bisa menjadi panduan anda dalam melakukan pembayaran pajak.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply