Cara Menghitung Pajak Motor Hanya Lihat Di STNK Motor 2019

Cara Menghitung Pajak Motor Hanya Lihat Di STNK Motor 2019

Cara Menghitung Pajak Motor Hanya Lihat Di STNK Motor

Cara Menghitung Pajak Motor Hanya Lihat Di STNK Motor – Selain kebutuhan pokok seperti sandang dan pangan kebutuhan pokok lainnya adalah kendaraan khususnya kendaraan bermotor. Memang kendaraan bermotor sekarang ini sangat diperlukan, bukan hanya untuk alat transportasi juga untuk menjadi bukti bahwa kita itu mempunyai uang.

Semakin banyak kita memiliki kendaraan bermotor maka semakin banyak pula pajak yang harus kita bayarkan dan nominalnya tidak sedikit pula. Cara menghitung pajak motor banyak caranya di antaranya adalah dengan melihat pada STNK motor kita.

Advertisements

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung pajaknya karena kebanyakan orang hanya tahu cara membayarnya saja.

Cara Menghitung Pajak Motor Hanya Lihat Di STNK Motor

Itu juga masih banyak yang suka telat membayar pajak padahal sekarang ini kalau kita telat membayar pajak akan ditilang oleh pihak berwajib beda dengan dulu.

Dulu kita santai kalau pajak belum bayar, tetapi kalau sekarang tidak bayar konsekuensinya adalah kendaraan bermotor kita akan ditahan. Maka kita harus  tahu kapan kendaraan bermotor kita harus dibayar pajaknya dan bagaimana mengetahui nominal pajak yang harus dibayarkan.

Cara Mudah Menghitung Pajak Motor

Banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung pajak motor mereka, padahal sangat penting tahu dulu nominalnya baru kita bayarkan.

Advertisements

Tidak lucu kalau kita sudah di loket Samsat akan membayarkan pajak motor kita eh malah uang kita kurang jadi harus bolak-balik ke ATM untuk ambil uang.

Cara mudah menghitung pajak motor adalah bisa kita hitung dari STNK motor kita, bagaimana caranya? berikut adalah penjelasan mengenai cara menghitung pajak kendaraan bermotor kita.

Cara yang pertama adalah kita harus tahu dahulu istilah-istilah dalam hal kendaraan bermotor. Karena STNK kita adanya itu singkatan bukan kepanjangan. Seperti istilah PKB dan SWDKLLJ, PKB adalah kepanjangan dari pajak kendaraan bermotor.

Dari situ kita sudah tahu berapa nominal pajak dari kendaraan anda sebelum ditambah dengan biaya admin dan denda yang harus anda bayarkan. Istilah SWDKLLJ adalah kepanjangan dari sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan yang artinya jika kita membayar pajak otomatis nama kita akan ikut asuransi yang dikelola oleh BUMN yaitu jasa raharja.

Cara yang kedua adalah kita menggunakan rumus untuk menghitung pajak kendaraan kita. Rumusnya adalah pajak kendaraan bermotor+sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ)+pengesahan= total pajak tahunan.

Atau apabila anda merasa sulit dengan cara menghitung pajak motor menggunakan rumus anda dapat melihat langsung di STNK anda dalam kolom jumlah.

Kita memang menginginkan berkendara dengan aman tanpa harus mengalami kecelakaan, entah itu kecelakaan ringan ataupun kecelakaan yang fatal.

Dan dengan membayar pajak kendaraan bermotor lengkap, kita sudah memiliki asuransi jiwa apabila kita mengalami kecelakaan pada waktu berkendara. Maka jangan lupa untuk membayar pajak motor anda.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply