Contoh Surat Kuasa Pengurusan Balik Nama Kendaraan Bermotor

Contoh Surat Kuasa Pengurusan Balik Nama Kendaraan Bermotor

Contoh Surat Kuasa Pengurusan Balik Nama Kendaraan Bermotor

Contoh Surat Kuasa Pengurusan Balik Nama Kendaraan Bermotor – Artikel kali ini akan membahas mengenai surat kuasa untuk balik nama kendaraan bermotor.

Balik nama merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan saat seseorang membeli kendaraan bekas ataupun mendapat warisan keluarga, di mana nama pada berkas kendaraan bermotor masih atas nama orang lain bukan atas nama anda sebagai pemilik motor yang sekarang.

Advertisements

Balik nama pada kendaraan bermotor ini dilakukan pada STNK dan BPKB agar sesuai dengan KTP anda. Kenapa harus balik nama?

Contoh Surat Kuasa Pengurusan Balik Nama Kendaraan Bermotor

Saat membayar pajak kendaraan baik tahunan maupun lima tahunan harus memenuhi persyaratan berupa STNK, BPKB, serta KTP yang identitas dirinya harus sama.

Namun proses balik nama ini tidak semudah membalik telapak tangan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon.

Apa saja syarat untuk melakukan balik nama pada kendaraan bermotor?

Berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon yang akan melakukan balik nama kendaraan bermotor.

  • STNK asli dan foto kopinya
  • BPKB asli dan foto kopinya
  • KTP asli dan foto kopinya
  • Kwitansi asli pembelian kendaraan asli yang dilengkapi dengan materai Rp. 6.000 dan cap perusahaan penjualnya serta foto kopinya
  • Surat pelepasan hak kendaraan yang dilengkapi dengan materai Rp. 6000 dan cap perusahaan penjualnya serta foto kopinya.
  • Cek fisik kendaraan yang dilakukan oleh petugas di kantor Samsat tempat anda mengurus proses balik nama.
  • Membawa surat kuasa untuk balik nama kendaraan bermotor (dari atas nama pribadi ke orang yang mengurus balik nama). Surat kuasa ini dapat dibuat dua, yaitu untuk balik nama STNK dan penerbitan BPKB baru.
  • Foto kopi STNK balik nama baru yang dilakukan setelah proses balik namanya selesai.

Apa itu surat kuasa?

Advertisements

Surat kuasa merupakan surat yang berisi tentang pelimpahan wewenang kepada orang lain dalam rangka keperluan pribadi, perusahaan, bisnis, maupun hal lain yang mendesak sehingga memerlukan orang lain untuk mengurusnya.

Surat kuasa memiliki ciri sebagai pemberitahuan pemberian wewenang kepada orang lain untuk menuntaskan suatu urusan, serta bahasa yang digunakan mudah dimengerti.

Misalnya saat anda hendak melakukan balik nama kendaraan bermotor yang baru anda miliki. Berikut ini adalah contoh surat kuasa untuk balik nama kendaraan bermotor.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                :

Alamat              :

Memberikan kuasa kepada :

Nama                :

Alamat              :

Untuk mengurus proses perubahan nama pemilik dengan data sebagai berikut :

Nomor Polisi     :

Merk/Type         :

Model/Jenis      :

Tahun/Warna     :

No. Rangka       :

No. Mesin         :

Demikian surat kuasa ini saya buat untuk dipergunakan sebagai mana mestinya.

Kemudian surat diberi tempat dan tanggal pembuatan serta tanda tangan dari pemberi kuasa dan penerima kuasa. Contoh Surat Kuasa Pengurusan Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply