Inilah Cara Memperpanjang Pajak Sepeda Motor Secara Online

Inilah Cara Memperpanjang Pajak Sepeda Motor Secara Online

Inilah Cara Memperpanjang Pajak Sepeda Motor Secara Online

Inilah Cara Memperpanjang Pajak Sepeda Motor Secara Online – Proses cepat dalam membayar pajak sepeda motor menjadi idaman para pemilik kendaraan bermotor.

Kesibukan dalam bekerja membuat orang mempunyai waktu yang sedikit untuk mengurusi pembayaran pajak kendaraan mereka.

Advertisements

Jalan pintas yang mereka ambil adalah menyewa jasa calo, padahal dengan menggunakan jasa calo pengeluaran yang kita keluarkan malah akan semakin bertambah.

Untungnya sekarang pemerintah memberikan solusi yang sangat memudahkan kita sebagai pemilik kendaraan bermotor. Sekarang kita bisa memperpanjang pajak sepeda motor maupun mobil secara online.

Program pemerintah ini memang sedang disosialisasikan kepada masyarakat karena belum banyak yang tahu cara dan langkah dalam melakukan pembayaran pajak sepeda motor secara online.

E-Samsat Situs Penolong Para Pemilik Sepeda Motor

Dulu Samsat menjadi tempat pembayaran pajak kendaraan bermotor yang paling utama, kalau membayar di Samsat memang memakan waktu yang sangat lama.

Antrian yang mencapai ratusan dan proses yang terbilang lama menjadi salah satu sebab pemilik kendaraan bermotor malas untuk membayar pajak sepeda motor mereka.

Tapi itu dirasakan oleh pemilik kendaraan pada beberapa tahun lalu karena pada zaman sekarang kita sangat dimudahkan dengan e-Samsat.

Apakah itu e-Samsat? E-Samsat adalah electronic Samsat, jadi e-Samsat adalah Samsat online. Kita dapat membayar pajak kendaraan bermotor lewat situs ini.

Advertisements

Inilah Cara Memperpanjang Pajak Sepeda Motor Secara Online

  • Langkah pertama untuk memperpanjang pajak secara online adalah kunjungi situs e-Samsat. Layanan ini bisa digunakan antar provinsi. Jika anda tinggal di Bali tapi plat kendaraan anda Bandung maka anda harus mengunjungi situs e-Samsat Bandung. Anda membuka situ e-Samsat sesuai dengan tempat no kendaraan anda dikeluarkan. Berikut adalah alamat-alamat e-Samsat dari berbagai Provinsi.
  1. E-Samsat Jawa Tengah : http://bppd.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
  2. E-Samsat Jawa Barat : http://bapenda.jabarprov.go.id/e-Samsat-pajak/
  3. E-Samsat Jawa Timur : http://dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas
  • Langkah kedua adalah isi data kendaraan bermotor anda. Data tersebut berupa kota Samsat, no polisi, kode keamanan dan kemudian klik cari. Bila pengisian data tersebut benar maka anda akan dialihkan ke halaman berikutnya.
  • Langkah ketiga adalah menentukan kota tempat pengambilan nota pajak kendaraan. Untuk menentukan lokasi pengambilan nota, anda harus mengisi form lagi. Form tersebut berisi data kota tempat anda akan mengambil nota pajak, nama Samsat terdekat dengan dengan tempat anda tinggal, nama bank yang anda gunakan untuk tempat transaksi pembayaran, dan kode bayar. Setelah langkah tersebut sudah dilakukan dengan benar anda akan mengetahui berapa jumlah biaya pajak kendaraan anda.
  • Langkah keempat adalah membayar pajak kendaraan bermotor anda, pembayaran bisa dilakukan lewat ATM atau internet banking. Setelah selesai melakukan pembayaran langkah selanjutnya anda harus mengeprint bukti pembayarannya. Karena bukti tersebut digunakan untuk mengambil nota pajak kendaraan anda yang baru di Samsat terdekat.

Demikianlah artikel mengenai cara memperpanjang pajak sepeda motor secara online, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi para pembaca.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply