Panduan Lengkap Tentang Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor 2019

Panduan Lengkap Tentang Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor 2019

Panduan Lengkap Tentang Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor

Panduan Lengkap Tentang Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor – Pada zaman yang sudah maju ini banyak kemudahan-kemudahan yang ditawarkan. Kemudahan itu berupa kendaraan bermotor di mana dulu kita merasa susah apabila bepergian jauh dikarenakan belum ada kendaraan bermotor.

Sepeda memang bisa menjadi kendaraan utama kita sebelum adanya kendaraan bermotor tetapi sangat tidak efektif digunakan apabila bepergian jauh. Sekarang memiliki kendaraan bermotor wajib dimiliki oleh semua orang entah itu digunakan untuk pribadi bisa juga digunakan sebagai alat penghasil pundi-pundi uang.

Advertisements

Setiap kepala keluarga pasti memiliki kendaraan bermotor khususnya motor, jika anak mereka 3 pasti minimal motor yang dimiliki juga 3 buah motor.

Tapi kebanyakan belum orang belum mengetahui panduan lengkap tentang perhitungan pajak kendaraan ini padahal semakin banyak kendaraan bermotor yang dimiliki maka semakin banyak biaya pajak yang harus dibayarkan.

 

Panduan Praktis Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor

Mungkin banyak orang yang menyepelekan pajak apalagi untuk membayar pajak kendaraan bermotor mereka. Terkadang mereka berpikir buat memenuhi kebutuhan hidup saja sudah sulit apalagi untuk membayar pajak motor berkendaraan mereka.

Padahal dalam satu rumah bisa ada 2-4 buah kendaraan bermotor, dan bukan nominal yang sedikit yang dikeluarkan apabila mempunyai kendaraan bermotor lebih dari satu.

Yang namanya sudah memiliki pasti sudah kewajibannya untuk merawatnya termasuk membayar pajak kendaraan kita. Berikut adalah panduan lengkap tentang perhitungan pajak kendaraan.

Advertisements

Jangan terburu-buru untuk mengetahui cara menghitung pajak kendaraan bermotor kita, sebelum itu kita harus tahu istilah yang ada ada surat tanda kendaraan bermotor kita. Istilah-istilah tersebut di antaranya.

Panduan Lengkap Tentang Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor

  • PKB (pajak kendaraan bermotor)

Pajak ini dihitung dari 1,5% dikalikan dengan harga jual motor kendaraan kita. Pajak ini bisa menurun seiring bertambahnya tahun. Semakin lama tahunnya maka semakin kecil pajak yang harus dibayarkan.

  • SWDKLLJ (sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan)

Setiap kendaraan bermotor sumbangan yang harus dibayarkan itu berbeda-beda, untuk motor biaya sumbangannya adalah RP. 35.000,00 dan untuk mobil Rp. 143.000,00.

  • Biaya admin STNK

Biaya admin untuk kendaraan bermotor adalah 100 ribu untuk motor dan 200 ribu untuk mobil.

  • Biaya administrasi balik tanda motor kendaraan (TNKB)

Biaya ini dikenakan apabila kendaraan bermotor ganti plat nomor yang wajib dilakukan 5 tahun sekali dan biayanya untuk motor sebesar 60 ribu dan mobil sebesar 100 ribu.

  • BBN KB (bea balik nama kendaraan bermotor)

Besar biaya yang dibayar adalah 0% dari harga motor dan mobil baru juga 2/3 pajak PKBnya dari motor bekas dan mobil bekas.

Setelah mengetahui istilah-istilah tersebut langkah berikutnya kita tinggal menambahkan semua biaya-biaya yang telah kita hitung. Nah setelah dijumlahkan itulah biaya total pajak kendaraan kita.

Lebih baik membeli motor bekas dari pada motor baru karena pajaknya lebih murah. Berikut adalah penjelasan mengenai panduan lengkap tentang perhitungan pajak kendaraan.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply