Update Terbaru, Perhitungan Denda Pajak Motor Tahun Ini

Update Terbaru, Perhitungan Denda Pajak Motor Tahun Ini

Update Terbaru, Perhitungan Denda Pajak Motor Tahun Ini

Perhitungan Denda Pajak Motor Tahun Ini – Artikel kali ini akan membahas mengenai hitung denda pajak motor yang terbaru. Beberapa dari anda pasti ada yang lupa membayar pajak motor sesuai rentang tempo yang telah diberikan.

Padahal sebagai warga negara, ada salah satu kewajiban yang wajib kita tunaikan kepada negara. Kewajiban tersebut adalah bayar pajak, baik itu pajak bumi dan bangunan, pajak tanah, pajak hasil usaha, pajak kendaraan bermotor, serta pajak lain sesuai dengan aturan yang berlaku.

Advertisements

Pajak kendaraan ini merupakan salah satu jenis pajak yang terkadang orang lupa untuk membayarnya. Karena jenis pembayaran pajak yang satu ini dibagi menjadi dua waktu yaitu pajak satu tahunan dan pajak lima tahunan. Lalu, apa yang harus kita lakukan jika telat membayar pajak?

Apa konsekuensi yang akan didapat bila telat bayar pajak motor?

Pemerintah sebenarnya telah memberikan suatu keringanan dalam pembayaran pajak, yaitu satu hari setelah jatuh tempo masih diberikan kesempatan bagi anda yang tidak sempat.

Namun manusia memang tempatnya lupa dan salah jadi kesempatan tersebut tidak dapat dimanfaatkan dengan baik. Konsekuensi dari lupa atau tidak sempatnya anda dalam membayar pajak yaitu denda. Bagaimana cara hitung denda pajak motor yang terbaru?

Advertisements

Update Terbaru, Perhitungan Denda Pajak Motor Tahun Ini

  • Denda pajak merupakan 25 persen dari jumlah pajak pokok yang harus dibayarkan oleh anda selaku wajib pajak. Pajak pokok motor anda sudah tertera di STNK identitas motor yang telat bayar pajak.
  • Selain itu, anda pun harus membayar denda Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) dari PT. Jasa Raharja sebagai penyedia asuransi keselamatan di jalan raya.
  • Perhitungan denda dilakukan juga berdasarkan lamanya waktu anda telat membayar pajak. Misalnya anda telat membayar pajak selama dua bulan, maka rumus perhitungan dendanya yaitu PKB x 25 % x 2/12 ditambah denda SWDKLLJ.
  • Jadi, biaya pajak keseluruhan yang harus anda bayar yaitu biaya pajak yang harus dibayar (PKB) + SWDKLLJ + denda keseluruhan.

Peraturan terbaru mengenai PKB tahun 2018

Pemerintah mulai mengaplikasikan peraturan terbaru mengenai PKB, yaitu PP No. 60 (Tahun 2016) mengenai jenis tarif kenaikan PNBP.

Aturan baru ini sebagai pengganti dari PP No. 50 (Tahun 2010), yang terhitung resmi diaplikasikan pada tanggal 6 Januari 2018 dan berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kenaikan harga ini mencakup pengesahan surat kendaraan bermotor, penerbitan BPKB, penerbitan tanda kendaraan bermotor, dan penerbitan STNK kendaraan bermotor.

Peraturan terbaru tersebut menetapkan bahwa kenaikan untuk pajak kendaraan mengalami kenaikan hingga lebih dari 100 persen dari tahun sebelumnya.

Demikian artikel mengenai cara hitung denda pajak motor yang terbaru serta sedikit info mengenai kenaikan harga pajak kendaraan.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply