Berapa Jumlah Biaya Denda Pajak Mobil Telat 2 Tahun?

Berapa Jumlah Biaya Denda Pajak Mobil Telat 2 Tahun?

Berapa Jumlah Biaya Denda Pajak Mobil Telat 2 Tahun?

Jumlah Biaya Denda Pajak Mobil Telat 2 Tahun? – Artikel kali ini akan membahas tentang jumlah biaya denda pajak mobil yang telat selama dua tahun dan bagaimana cara menghitungnya. Sudah menjadi kewajiban bagi semua pemilik kendaraan bermotor untuk membayarkan pajak yang jatuh tempo pada setiap tahun.

Terkadang banyak dari Anda yang kurang memperhatikan kapan jatuh tempo dari pajak kendaraan Anda yang membuat Anda menjadi telat membayarkannya. Tentu saja jika Anda telat maka akan dikenakan biaya lebih atau yang disebut dengan denda.

Advertisements

Jumlah Pajak Dapat Dilihat Dari STNK

Untuk dapat menghitung jumlah biaya denda pajak mobil yang telat maka Anda harus mengetahui denda PKB dan juga SWDKLLJ bagi kendaraan Anda.

Besaran dari keduanya sudah tertera di STNK Anda sehingga Anda tidak perlu lagi repot menghitungnya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa keterangan yang ada pada STNK Anda.

Berapa Jumlah Biaya Denda Pajak Mobil Telat 2 Tahun?

Berapa Jumlah Biaya Denda Pajak Mobil Telat 2 Tahun?
Berapa Jumlah Biaya Denda Pajak Mobil Telat 2 Tahun
  1. BBN KB

Merupakan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, yang besarannya mencapai 10% untuk kendaraan baru dari harga off the road nya. Sementara untuk kendaraan yang dibeli secara bekas maka hitungannya 2/3 dari PKB.

  1. PKB

Merupakan Pajak Kendaraan Bermotor yang besarannya mencapai 1,5% dihitung dari nilai jual kendaraan. Setiap tahun nilai PKB ini akan terus menurun karena adanya penyusutan dari nilai jual kendaraan.

  1. SWDKLLJ

Merupakan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang dikelola Jasa Raharja.

Advertisements
  1. Biaya ADM

Merupakan biaya administrasi yang tidak akan dibebankan pada kendaraan baru. Tetapi akan dikenakan setiap lima tahun sekali saat ganti plat nomor kendaraan ataupun juga balik nama.

  1. Denda PKB

Jika Anda melewati batas jatuh tempo masa berlaku dari STNK Anda belum membayarkan pajak. Maka Anda akan dikenakan denda pajak PKB dan juga denda pajak SWDKLLJ.

Hitungan Denda Pajak

Anda tidak perlu repot lagi untuk menghitung besaran PKB dan SWDKLLJ karena sudah pasti tercantum dalam STNK kendaraan Anda. Sedangkan untuk denda SWDKLLJ untuk kendaraan roda dua saat ini sebesar Rp. 32.000 dan untuk kendaraan roda empat atau lebih adalah sebesar Rp. 100.000.

Bagi Anda yang berpikiran bahwa jika terlambat membayar denda satu hari sama dengan satu tahun adalah pemikiran yang salah, karena hanya akan dihitung per bulannya. Untuk lebih jelasnya maka simak contoh penghitungannya berikut ini.

Anda memiliki kendaraan mobil pribadi yang memiliki nilai PKB sebesar Rp. 3.000.000 serta denda PKB dan SWDKLLJ sebesar Rp. 143.000. Anda terlambat membayarkan pajak Anda selama dua tahun lamanya, sehingga berikut penghitungan jumlah denda yang harus Anda bayarkan.

  • Denda PKB 2 tahun

= 2 x (25% x PKB)

= 1/2 x Rp. 3.000.000

= Rp. 1.500.000

  • Jumlah Denda Pajak

= Denda PKB + SWDKLLJ

= Rp. 1.500.000 + Rp. 100.000

  • Total PKB Keseluruhan yang harus dibayarkan

= PKB + SWDKLLJ + Denda

= Rp. 3.000.000 + Rp. 143.000 + Rp. 1.500.000

= Rp. 4.643.000

Total biaya yang harus Anda keluarkan beserta pajak apabila Anda terlambat dalam membayarkannya selama dua tahun adalah Rp. 4.643.000.

Bagaimana? Mudah bukan cara menghitung biaya denda pajak mobil yang telat selama dua tahun. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply