Biaya Balik Nama Mobil Jakarta Ke Jawa Tengah

Biaya Balik Nama Mobil Jakarta Ke Jawa Tengah

Biaya Balik Nama Mobil Jakarta Ke Jawa Tengah

Biaya Balik Nama Mobil Jakarta Ke Jawa Tengah – Dengan harga kendaraan yang sangatlah mahal jelas akan mempersulit kita untuk memiliki kendaraan tersebut, apalagi kendaraan yang kita butuhkan adalah sebuah mobil. Harga mobil baru sekarang ini lebih dari ratusan juta, jelas kita tidak akan mampu mengeluarkan dalam jumlah tersebut.

Maka dari itu akan lebih baik jika membeli mobil bekas yang memiliki harga lebih murah. Tetapi membeli mobil bekas juga harus ada biaya tambahan yang harus dipersiapkan, yaitu biaya balik nama mobil.

Advertisements

Cara Mengurus Balik Nama Mobil

Biaya Balik Nama Mobil Jakarta Ke Jawa Tengah
   Biaya Balik Nama Mobil Jakarta Ke Jawa Tengah

Jika kita memiliki kendaraan atau mobil bekas yang baru saja kita beli dari orang lain, maka mobil itu belum sepenuhnya milik kita.

Karena nama dari pemilik mobil bukan nama kita, jadi kita perlu melakukan proses balik nama mobil. Jelas untuk melakukan proses ini akan membutuhkan biaya balik nama mobil.

Besarnya biaya yang harus dikeluarkan juga akan ditentukan dari wilayah mobil itu dikeluarkan dan akan dipindahkan ke wilayah mana tempat pemilik baru mobil tersebut.

Memang akan sedikit ribet, tetapi ini akan memudahkan kita dalam melakukan pembayaran pajak setiap tahunnya. Untuk bisa mengurus balik nama ini, akan ada caranya tersendiri dan berikut adalah cara yang bisa kita lakukan.

Advertisements

Biaya Balik Nama Mobil Jakarta Ke Jawa Tengah

Siapkan Dokumen

jika ingin melakukan balik nama mobil dengan cepat maka kita harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sebelum datang ke kantor Samsat. Dokumen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut ini.

Fotocopy KTP Dari Pemilik Lama Dan KTP Miliki Kita

KTP ini akan dibutuhkan untuk proses pencocokan apakah mobil yang dimiliki itu benar miliki pemilik yang lama dan akan memudahkan dalam pengisian BPKB dan STNK dari pemilik mobil yang baru.

BPKB Asli Dan Juga Fotocopian

Ini juga sangat perlu kita penuhi jika ingin melakukan proses balik nama, karena pihak Samsat tidak akan mau melayani kita jika belum membawa BPKB asli. BPKB asli akan membuktikan bahwa kendaraan tersebut bukan kendaraan curian.

STNK Asli Dan Fotocopian

STNK juga sangat diperlukan jika mau melalukan proses balik nama, karena STNK ini akan membuktikan bahwa kita sudah membeli mobil tersebut.

Kwintansi Pembelian Kendaraan

Kwintansi jual beli dari kendaraan yang kita miliki ini akan bisa kita gunakan sebagai bukti kepemilikan kendaraan tersebut. Kwintansi ini akan disertai dengan materai 6000 baru bisa digunakan sebagai bukti.

Datang Ke Samsat

Jika semua persyaratan sudah dipenuhi maka kita tinggal datang ke kantor Samsat untuk melakukan pengecekan fisik mobil dan juga mengisi formulir yang dibutuhkan untuk pengecekan ini.

Setelah itu kita serahkan STNK asli, BKPB asli dan berkas yang lainnya. Jika sudah selesai kita tinggal ke loket untuk membayarkan biaya balik nama mobil.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply