Cara Mengurus STNK Mobil Yang Hilang Tanpa BPKB Secara Lengkap 2019

Cara Mengurus STNK Mobil Yang Hilang Tanpa BPKB Secara Lengkap 2019

Cara Mengurus STNK Mobil Yang Hilang Tanpa BPKB Secara Lengkap

Cara Mengurus STNK Mobil Yang Hilang  – Artikel kali ini akan membahas tentang cara mengurus STNK mobil yang hilang tanpa menggunakan BPKB. Kehilangan STNK merupakan hal yang sangat wajib untuk Anda urus kembali karena STNK sendiri merupakan bukti pendaftaran dan pengesahan kendaraan yang didasarkan pada identitas pemilik.

STNK ini mencakup berbagai identitas kepemilikan kendaraan seperti nama dan alamat pemilik, nomor polisi dan identitas lengkap kendaraan Anda.

Advertisements

Cara Urus STNK Hilang Tanpa BPKB

Jika Anda menghilangkan STNK Anda maka Anda sudah tidak lagi memiliki hak yang sah untuk kepemilikan dari kendaraan Anda. Oleh karena itu, Anda harus segera mengurusnya jika terjadi kehilangan.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mengurusnya, simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengurus STNK Mobil Yang Hilang Tanpa BPKB Secara Lengkap

Cara Mengurus STNK Mobil Yang Hilang Tanpa BPKB Secara Lengkap

  1. Menyiapkan Berkas Administrasi

Cara mengurus STNK mobil yang hilang juga membutuhkan beberapa berkas yang perlu Anda lengkapi dan dipersiapkan sebagai syarat administrasi. Berkas tersebut antara lain KTP pemilik kendaraan asli dan fotocopy, BPKB asli dan fotocopy, serta surat kehilangan dari kantor kepolisian.

Advertisements

Jika Anda tidak memiliki BPKB asli maka Anda dapat meminta fotocopy BPKB dan juga surat pengantar dari dealer di mana Anda membeli kendaraan Anda.

Kemudian Anda dapat melakukan legalisir fotocopy dan surat pengantar tersebut di kantor kepolisian dengan membawa KTP asli sesuai dengan BPKB.

  1. Urus Ke Kantor SAMSAT

Setelah Anda melengkapi berkas administrasi seperti yang disebutkan di atas maka Anda dapat langsung pergi ke kantor SAMSAT untuk mengurus STNK pengganti. Untuk prosedur mengurus STNK pengganti yang hilang adalah sebagai berikut.

  • Cek fisik dari kendaraan mobil Anda yang sekaligus juga menggesek nomor rangka serta mesin mobil Anda.
  • Isilah formulir pendaftaran dan kemudian formulir tersebut diserahkan beserta persyaratan administrasi pengganti STNK ke bagian loket STNK hilang.
  • Melakukan cek blokir atau mengurus surat keterangan hilang yang didapatkan langsung dari SAMSAT.
  • Kemudian berkas seperti cek fisik, berkas administrasi dan berkas surat kehilangan dari SAMSAT dijadikan satu. Kemudian Anda dapat menyerahkan keseluruhan berkas lengkap ke loket pembuatan STNK baru.
  • Setelah itu Anda akan dikenakan biaya pajak kendaraan bermotor serta biaya pembuatan STNK yang baru di kasir. Biaya tersebut sesuai dengan apa yang ada pada slip setoran pajak yang Anda urus saat berada pada loket pembuatan STNK baru. Jika memang Anda sudah membayar pajak Anda, maka Anda tidak akan dikenai biaya pajak tersebut.
  • Kemudian Anda dapat menyerahkan bukti pembayaran yang Anda dapatkan dari kasir ke loket untuk pengambilan STNK baru.
  • Tunggu panggilan dari petugas loket karena di sini tentu saja Anda harus mengantri dengan pengunjung yang lainnya.

Jika Anda sudah melakukan semua persyaratan dan langkah-langkah cara mengurus STNK mobil di atas maka Anda bisa mendapatkan STNK pengganti untuk kendaraan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply