Contoh Kwitansi Pembelian Motor Untuk Balik Nama

Contoh Kwitansi Pembelian Motor Untuk Balik Nama

Contoh Kwitansi Pembelian Motor Untuk Balik Nama

Artikel kali ini akan membahas tentang contoh kwitansi pembelian mobil untuk balik nama. Bagi Anda yang membeli mobil bekas tentu saja akan lebih mudah jika seluruh berkas kendaraan Anda di atasnamakan kepemilikannya sesuai dengan identitas Anda.

Sebab hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mengurus pajak dan berbagai keperluan lain terkait kendaraan mobil tersebut.

Advertisements

Syarat Balik Nama Kendaraan

Untuk dapat melakukan balik nama, Anda harus memenuhi berbagai persyaratan yang dibawa ke SAMSAT. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi.

  • KTP Asli milik Anda (bukan KTP dari pemilik mobil) serta KTP yang di foto copy
  • STNK asli dan foto copy dari kendaraan mobil yang Anda beli
  • BPKB asli dan foto copy dari kendaraan mobil yang Anda beli
  • Kwitansi pembelian mobil antara Anda dan juga pemilik asli kendaraan mobil yang Anda beli

Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil Bekas Untuk Balik Nama

Contoh Kwitansi Pembelian Motor Untuk Balik Nama

Kwitansi jual beli kendaraan bekas ini merupakan hal penting yang harus Anda miliki sebagai bukti pembelian serta menjadi syarat balik nama kendaraan.

Hal tersebut juga dapat digunakan untuk menghindari adanya konflik yang mungkin bisa saja timbul suatu saat terkait kepemilikan kendaraan mobil yang sudah Anda beli.

Kwitansi tersebut dapat berupa ketikan komputer yang di print ataupun menggunakan buku kwitansi biasa dengan menggunakan tulisan tangan.

Yang terpenting harus ada dalam kwitansi tersebut adalah tempat, tanggal, bulan dan tahun pembelian, dan nominal uang pembayaran mobil. Lengkapi juga dengan nomor polisi, nomor mesin dan nomor rangka dari mobil yang Anda beli untuk semakin mempertegas bahwa kepemilikan sudah berpindah tangan.

Selain itu, lengkapi juga dengan tanda tangan di atas materai 6000 yang tidak boleh Anda lewatkan. Untuk lebih lengkap bagaimana contoh dari kwitansi tersebut, maka akan dijabarkan contoh kwitansi pembelian mobil berikut ini.

Contoh Kwitansi Pembelian Motor Untuk Balik Nama

Telah Diterima Dari : Nicholas Saputra

Uang Sejumlah : Rp. 188.000.000 (Seratus Delapan Puluh Delapan Juta Rupiah)

Untuk Pembayaran : Satu Unit Toyota Innova Tipe V Tahun 2014

Nomor Polisi : B 1234 NA

Nomor Rangka : WERFGHJm

Nomor Mesin : 23CDEMNJKI

Jakarta, 31 Juli 2018

Di akhir bubuhi tanda tangan dari pemilik kendaraan asli di atas materai 6000.

Jika Anda tidak memiliki kwitansi tersebut biasanya saat berada di SAMSAT Anda akan langsung diminta untuk mengurusnya terlebih dahulu. Petugas akan mengarahkan Anda bagaimana cara pembuatannya bahkan menunjukkan tempat di mana Anda bisa menemukan kwitansi kosong.

Setelah itu Anda dapat menemui pemilik kendaraan mobil yang asli untuk dimintai tanda tangan di atas materai. Tentu saja hal ini sedikit menyita waktu, maka sebaiknya ketika Anda melakukan jual beli sudah langsung membuat kwitansi ini agar lebih mudah ketika Anda harus melakukan proses balik nama.

Demikian artikel tentang contoh kwitansi pembelian mobil untuk digunakan dalam proses balik nama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang lengkap untuk Anda perihal persyaratan balik nama kendaraan mobil.

Advertisements

Cara Pengambilan BPKB Setelah Balik Nama

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana prosedur dan cara pengambilan BPKB setelah balik nama. Bagi Anda yang habis membeli kendaraan bekas, maka sebaiknya Anda segera melakukan proses balik nama pemilik kendaraan tersebut yang sesuai dengan identitas Anda.

Jika tidak, maka hal ini akan menyulitkan Anda karena setiap kali melakukan perpanjangan maka Anda harus meminjam KTP dari pemilik asli kendaraan tersebut.

Prosedur dan Cara Pengambilan BPKB Setelah Balik Nama

Sebelum Anda bisa mengambil BPKB yang sudah di atasnamakan sesuai dengan identitas Anda, maka Anda harus mengikuti prosedur untuk proses balik nama terlebih dahulu. Berikut ini akan dijelaskan beberapa prosedur yang harus Anda lakukan.

  1. Mendatangi Polda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendatangi Polda dengan membawa berbagai berkas administrasi yang merupakan syarat mutlak proses balik nama.

Berkas tersebut antara lain fotocopy STNK yang sudah dibalik nama, fotocopy KTP, fotocopy BPKP, fotocopy hasil cek fisik dan juga BPKB asli.

  1. Proses Pembayaran Ke Loket Bank

Ketika Anda mendatangi Polda maka Anda kan diberikan nomor antrian serta formulir yang bisa digunakan untuk proses balik nama BPKB. Jika setelah dicek berkas Anda sudah lengkap, maka Anda akan diberikan lagi nomor antrean untuk pembayaran ke loket bank.

Untuk biaya balik nama BPKB sendiri biasanya adalah sebesar Rp. 80.000. Setelah lunas Anda bayarkan maka Anda akan diberikan slip bukti setoran dan juga stiker untuk Anda tempel pada formulir pendaftaran Anda.

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran BBN BPKB

Kemudian Anda dapat mengisi formulir pendaftaran yang dapat disesuaikan dengan data dari kendaraan Anda. Untuk kemudian ditempelkan stiker khusus yang Anda dapatkan dari loket pembayaran bank pada formulir Anda.

  1. Penyerahan Formulir Dan Berkas

Setelah itu Anda akan diminta untuk menunggu sesuai dengan nomor antrean yang sudah Anda dapatkan di awal tadi. Jika sudah dipanggil maka Anda dapat menyerahkan formulir dan juga keseluruhan berkas persyaratan ke petugas.

Hal ini untuk membuktikan bahwa BPKB Anda sudah didaftarkan dalam proses balik nama. Anda juga akan menerima tanda bukti yang juga akan dicantumkan kapan BPKB Anda akan selesai dalam proses balik nama.

  1. Pengambilan BPKB

Cara pengambilan BPKB sebenarnya sangatlah mudah, di mana Anda bisa datang kembali sesuai dengan tanggal yang sudah dicantumkan sebelumnya. Untuk bisa mengambilnya, maka Anda harus membawa fotocopy KTP dan juga tanda terima balik nama BPKB.

Untuk prosesnya sendiri, pertama-tama Anda dapat mengambil nomor antrean yang digunakan untuk mengambil BPKB Anda.

Contoh Kwitansi Pembelian Motor Untuk Balik Nama

Setelah dipanggil nama Anda, maka Anda bisa langsung menyerahkan fotocopy KTP dan tanda terima balik nama. Setelah data Anda selesai dicocokkan oleh petugas maka BPKB dapat langsung Anda bawa pulang.

Demikian artikel tentang cara pengambilan BPKB setelah balik nama yang sebenarnya prosesnya tidak begitu sulit sehingga bisa cepat Anda lakukan dengan segera setelah melakukan proses jual beli. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply