Daftar Biaya Mutasi Dan Balik Nama Mobil Jawa Timur

Daftar Biaya Mutasi Dan Balik Nama Mobil Jawa Timur

Daftar Biaya Mutasi Dan Balik Nama Mobil Jawa Timur

Daftar Biaya Mutasi Dan Balik Nama Mobil Jawa Timur – Memiliki kendaraan bermotor memang sudah menjadi impian dari semua masyarakat di Indonesia, karena dengan memiliki kendaraan ini kita akan mudah untuk bepergian ke mana pun sesuka hati kita.

Tetapi akan sangat mahal biaya yang harus kita keluarkan untuk memiliki kendaraan ini, apalagi kendaraan yang diinginkan adalah mobil.

Advertisements

Jelas uang yang dibutuhkan mencapai ratusan juta, jadi akan lebih baik membeli mobil yang bekas. Uang yang dikeluarkan untuk membeli mobil bekas sangat jauh lebih sedikit dibandingkan mobil baru.

Tetapi jika membeli mobil bekas kita harus mengetahui daftar biaya mutasi dari kendaraan yang kita mau beli, karena setiap wilayah akan berbeda biaya mutasinya.

Cara Melakukan Balik Nama STNK Mobil

Daftar Biaya Mutasi Dan Balik Nama Mobil Jawa Timur

Mengurus balik nama dan juga membuat STNK baru dari mobil bekas memang sudah semakin mudah untuk dilakukan. Proses ini memang sangat perlu dilakukan untuk nantinya dapat mempermudah kita dalam melakukan pembayaran dari pajak kendaraan yang kita miliki.

Untuk dapat melakukan balik nama ini kita jelas akan membutuhkan biaya dan biaya ini akan bisa kita ketahui jika memiliki daftar biaya mutasi.

Jika kita ingin dapat dengan mudah untuk melakukan proses balik nama, sebaiknya sebelum membeli mobil kita harus melihat STNK itu dikeluarkan di wilayah mana.

Advertisements

Akan lebih baik jika membeli mobil dengan wilayah yang sama dengan tempat tinggal kita. Untuk dapat melakukan proses balik nama STNK ini, kita bisa melakukan cara yang ada di bawah ini.

Daftar Biaya Mutasi Dan Balik Nama Mobil Jawa Timur

  • Menyiapkan Persyaratan

Jika ingin melakukan proses balik nama mobil dengan benar dan mudah serta cepat maka kita harus mempersiapkan persyaratan yang ditentukan oleh Samsat.

Syarat yang dibutuhkan dalam melakukan proses ini adalah STNK asli, KTP pemilik baru dan fotocopiannya, BPKP asli plus fotocopian, dan juga kwitansi pembelian dari kendaraan tersebut dengan materai 6000.

Jika masih belum bisa melengkapi semua persyaratan tersebut, proses balik nama akan sulit untuk dilakukan.

  • Mendatangi Kantor Samsat

Jika persyaratan sudah dipenuhi, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah kita mendatangi kantor Samsat tempat STNK dikeluarkan.

Setelah di kantor Samsat ini kita harus mendatangi lokasi pengecekan kendaraan, proses ini dilakukan untuk melihat apakah kendaraan itu sesuai dengan informasi yang ada di STNK. Kemudian kita tinggal ke loket pendaftaran balik nama, di loket ini kita akan diberikan formulir balik nama.

Isilah dengan lengkap semua formulir yang diberikan di loket ini. Jika sudah dilengkapi maka kita kasih ke petugas loket dan nantinya kita akan disuruh untuk membayarkan pajak kendaraan bermotor kita.

Jika sudah semua proses dilakukan maka kita tinggal menunggu STNK kendaraan kita jadi, besarnya biaya mutasi ini bisa kita lihat di daftar biaya mutasi yang sudah banyak dimuat di internet.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply