Apa Itu Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor?

Apa Itu Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor?

Apa Itu Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor?

Apa Itu Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor? – Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau biasa disebut dengan BBN-KB adalah salah satu jenis biaya yang hadir jika Anda ingin melakukan proses balik nama pemilik sebuah kendaraan bermotor pada STNK.

Melakukan balik nama pada STNK kendaraan bermotor memang dilakukan karena nama pemilik kendaraan tidak sesuai dengan nama yang tertera pada STNK. Berbedanya nama antara pemilik dengan STNK kendaraan yang dimiliki bisa saja terjadi karena kendaraan bermotor tersebut merupakan hasil jual beli bekas, warisan, hibah, ataupun pindah alamat.

Advertisements

Mengetahui akan biaya BBN-KB memang amat perlu agar Anda mampu mengestimasi uang yang harus dikeluarkan jika mengalami peristiwa yang mengharuskan mengganti nama pada STNK yang dimiliki.

Berkenalan Lebih Dekat Dengan Biaya BBN-KB

BBN-KB adalah biaya pajak yang dibebankan karena telah berpindahnya hak sebuah kendaraan bermotor dari pihak pertama ke pihak kedua. Banyak hal yang bisa mengakibatkan perpindahan hak sebuah kendaraan bermotor.

Berikut beberapa penyebab dari berpindahnya hak kendaraan bermotor dari satu pihak ke pihak lainnya:

  • Kegiatan jual-beli.
  • Lelang kendaraan baik dari pengadilan ataupun pegadaian.
  • Hibah
  • Warisan
  • Penggabungan perusahaan

Balik nama kendaraan bermotor bisa saja terjadi pada satu wilayah ataupun berpindah ke luar wilayah. Jika masih di dalam satu wilayah, maka tidak perlu adanya mutasi namun untuk lain wilayah jelas mutasi diperlukan.

Menghitung BBN-KB

Advertisements

Biaya pajak BBN-KB atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor akan bisa ditentukan dari nilai harga jual kendaraan bermotor tersebut pada pasaran.

Semakin besar nilai pasaran suatu kendaraan, maka pajak BBN-KB juga akan terhitung lebih besar. Nilai BBN-KB adalah 10% dari harga off the road kendaraan yang bersangkutan. Jadi jika kendaraan bernilai pasaran 30 juta, maka biaya BBN-KB yang harus dibayarkan adalah sebesar 3 juta.

Apa Itu Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor?

Namun jika kendaraan yang Anda miliki adalah bekas, maka biaya BBN-KB yang harus dibayarkan adalah 1% dari harga off the road kendaraan, jadi Anda hanya membayar  300 ribu.

Bagi Anda yang melakukan mutasi dan ingin melakukan balik nama, maka harus menyertakan bukti pembayaran pajak tahunan dari daerah asal. Mutasi terjadi jika Anda berpindah Provinsi seperti Jawa Tengah menuju Jawa Barat. Bukti pembayaran pajak tahunan dari daerah asal berupa lampiran SKPD yang telah divalidasi.

Bila dalam proses BBN-KB atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor objek kendaraan bermotor mengalami perubahan bentuk maupun warna, maka Anda wajib untuk melaporkan hal tersebut.

Pelaporan ini agar STNK nantinya sesuai dengan kendaraan yang Anda miliki sekarang. Jika Anda tidak melaporkannya maksimal 30 hari dari bergantinya bentuk maupun warna dari kendaraan yang dimiliki, maka sanksi denda akan menanti. Denda yang diberikan juga lumayan berat yaitu sebesar 25% dari pajak kendaraan yang terutang.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply