Apa Syarat Bayar Pajak Mobil Avanza? Terbaru 2019

Apa Syarat Bayar Pajak Mobil Avanza? Terbaru 2019

Apa Syarat Bayar Pajak Mobil Avanza?

Syarat Bayar Pajak Mobil Avanza? –  Avanza adalah salah satu seri mobil dari Toyota yang laris di pasaran Indonesia. Avanza yang memang merupakan mobil berkapasitas 6-8 orang memang akan sangat cocok menjadi pilihan keluarga.

Saking banyaknya peminat mobil Avanza di Indonesia membuat mobil ini sampai-sampai mendapatkan julukan mobil sejuta umat. Mobil yang memang cukup murah dikantong ini membuat kepemilikannya dapat dijangkau oleh masyarakat kalangan menengah.

Advertisements

Nah jika Anda memang telah memiliknya, maka sekarang tinggal membicarakan mengenai besaran bayar pajak mobil Avanza.

Mengenal Pajak Mobil

Kewajiban dari Anda saat memiliki sebuah mobil di Indonesia adalah dengan membayar pajak tahunan kepada negara. Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang memang menjadi sumber pembiayaan infrastruktur.

Dengan ketepatan pembayaran pajak berarti Anda telah menjadi warga negara yang baik dan berkontribusi akan kemajuan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Jika Anda telat dalam membayar pajak, maka sekarang bisa saja langsung kena denda saat terjaring razia Polisi Lalu Lintas.

Apa Syarat Bayar Pajak Mobil Avanza?

Karena itulah pembayaran pajak tahunan dari kendaraan bermotor khususnya mobil Avanza yang Anda miliki harus benar-benar diperhatikan.

Advertisements

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan bayar pajak mobil Avanza pada kantor Samsat, pastinya akan merasa kebingungan tentang apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi. Pajak mobil ada dua jenisnya yaitu, pajak tahunan dan pajak 5 tahun.

Untuk pajak tahunan adalah pajak rutin dan pajak 5 tahunan akan disertai dengan pergantian plat nomor dan STNK. Berikut syarat dari pembayaran masing-masing pajak:

Pajak mobil tahunan

  • KTP asli
  • STNK mobil Avanza asli
  • Uang Pembayaran

Jika semua syarat telah disiapkan, maka Anda bisa langsung membayar pajak yang dimiliki pada kantor Samsat. Langsung saja pergi menuju loket pembayaran dengan menyerahkan KTP asli dan STNK asli. Setelah membayar biaya dalam loket berarti pajak tahunan dari mobil Avanza yang Anda miliki sudah tercatat dan telah disahkan.

Kepraktisan juga akan dapat Anda rasakan dengan hadirnya layanan Samsat keliling yang bisa digunakan sebagai loket pembayaran. Jika memang Anda tidak membawa KTP asli, maka SIM ataupun paspor bisa digunakan asalkan memiliki nama yang sama dengan yang tertera pada STNK.

Pajak mobil lima tahun

  • BPKB dan STNK asli dan fotokopiannya
  • KTP asli dan fotokopiannya
  • Menyertakan validasi formulir cek fisik kendaraan

Berbeda dengan pajak tahunan yang Anda bayarkan, bayar pajak mobil Avanza yang dilakukan 5 tahun sekali ini hanya bisa dilakukan di kantor Samsat karena adanya cek fisik kendaraan. Cek fisik harus dilakukan agar mengetahui dengan jelas mengenai nomor rangka dan mesin dari mobil Avanza yang Anda miliki.

Setelah mendapatkan formulir validasi cek fisik kendaraan, maka langkahnya akan sama dengan membayar pajak tahunan. Cuma Anda akan menunggu untuk mendapatkan STNK baru.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply