Balik Nama Motor, Biaya Yang Dibutuhkan Dan Cara Melakukannya

Balik Nama Motor, Biaya Yang Dibutuhkan Dan Cara Melakukannya

Balik Nama Motor, Biaya Yang Dibutuhkan Dan Cara Melakukannya

Balik Nama Motor, Biaya Yang Dibutuhkan Dan Cara Melakukannya – Kegiatan balik nama kendaraan bermotor pastinya sudah tidak asing Anda dengar. Melakukan kegiatan balik nama terhadap sebuah kendaraan sepeda motor memang biasa dilakukan saat membeli sebuah motor bekas.

Pembelian motor bekas kepada orang lain pasti Anda akan mendapatkan STNK dan BPKB motor dengan kepemilikan orang tersebut. Agar nama yang tertera pada STNK sepeda motor yang telah dibeli menjadi nama Anda, maka melakukan wajib balik nama motor dilakukan.

Advertisements

Biaya Yang Dibayarkan Pada Proses ganti Nama Kendaraan Bermotor

Pastinya akan ada berbagai biaya yang harus dibayarkan saat Anda melakukan proses balik nama kendaraan bermotor. Anda haruslah mengetahuinya agar mampu membawa uang yang cukup di saat pergi ke Samsat untuk memproses kegiatan balik nama.

Berikut biaya yang ada dan wajib Anda bayar:

Balik Nama Motor, Biaya Yang Dibutuhkan Dan Cara Melakukannya

  • Biaya pajak

Biaya pajak dan wajib Anda bayarkan saat ingin melakukan balik nama meliputi: pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, sumbangan wajib dana kecelakaan lalu-lintas jalan, serta biaya administrasi STNK dan TNKB.

  • Biaya non pajak

Biaya non pajak meliputi biaya cek fisik motor, pengesahan cek fisik motor, biaya pendaftaran balik nama pada STNK, dan pendaftaran balik nama pada BPKB.

Proses Balik Nama STNK Di Samsat

Setelah mengetahui akan biaya-biaya yang harus dibayar saat melakukan proses balik nama kendaraan, maka Anda tinggal memulai prosesnya dengan pergi ke Samsat untuk pengurusan STNK dan Polda untuk pengurusan BPKB.

Advertisements

Kali ini kami akan membahas mengenai proses yang Anda lakukan untuk balik nama STNK kendaraan sepada motor. Berikut proses yang akan Anda lakukan:

  • Mendatangi kantor Samsat

Datanglah pada kantor Samsat terkait untuk memulai proses balik nama motor. Persiapkanlah terlebih dahulu berkas persyaratan seperti KTP, STNK, dan BPKB asli dan fotokopiannya serta bukti pembelian sepeda motor tersebut.

  • Melakukan pengecekan fisik kendaraan

Langkah berikutnya adalah dengan mengecek fisik dari sepeda motor yang Anda miliki. Sebelum balik nama, kendaraan akan diperiksa mengenai nomor mesin dan rangka.

Setelah pengecekan fisik sepeda motor dilakukan, maka Anda akan mendapatkan hasil validasi dari cek fisik ini akan bisa Anda terima. Simpanlah surat tersebut karena akan digunakan dalam pengurusan STNK selanjutnya dan BPKB di Polda.

  • Mendaftar proses balik nama

Proses berikutnya adalah mendaftar pada loket di kantor Samsat. Berkas terdahulu seperti  KTP, STNK, BPKB asli dan fotokopi dan bukti pembelian motor akan digabungkan dengan surat validasi cek fisik yang sudah Anda terima. Tunggulah Antrian untuk menyerahkan semua persyaratan tersebut.

Setalah melengkapi berkas tersebut, maka Anda akan mendapatkan tanda terima bahwa berkas sedang diproses dan bisa diambil beberapa hari kemudian.

  • Pembayaran pajak

Setelah beberapa hari menunggu, maka Anda datang kembali ke kantor Samsat untuk proses terakhir balik nama motor yaitu pembayaran pajak. Setelah Anda membayar pajak pada loket, maka selanjutnya tinggal menunggu untuk menerima STNK yang baru.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply