Begini Cara Menghitung Biaya Balik Nama STNK Mobil

Begini Cara Menghitung Biaya Balik Nama STNK Mobil

Begini Cara Menghitung Biaya Balik Nama STNK Mobil

Cara Menghitung Biaya Balik Nama STNK Mobil – STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan Adalah surat yang harus Anda miliki sebagai tanda bahwa kendaraan bermotor yang dimiliki itu telah membayar pajak dengan benar.

Setiap warga negara Indonesia memiliki kewajiban untuk membayar pajak dengan kepemilikan kendaraan bermotor seperti halnya mobil ataupun motor. Untuk melakukan pembayaran pajak mengharuskan Anda untuk menyertakan KTP yang sesuai dengan STNK yang dimiliki.

Advertisements

Hal tersebut akan menjadi repot jika mobil yang Anda miliki itu merupakan mobil bekas dan masih mencantumkan nama pemilik lama pada STNK yang dimiliki. Jika terjadi hal tersebut, maka melakukan balik nama STNK mobil menjadi jalan yang harus ditempuh.

Pentingnya Melakukan Balik Nama STNK

Jika Anda tidak membalik nama STNK secepatnya, maka pengurusan pajak tahunan akan sedikit ribet karena harus selalu meminjam KTP dari pemilik lama mobil tersebut.

Jika sampai Anda malas untuk meminjam dan sehingga tidak membayarkan pajak, maka denda pajak menjadi hal yang akan didapatkan dan Anda tidak akan bebas berkendara karena ancaman razia yang selalu menghantui.

Begini Cara Menghitung Biaya Balik Nama STNK Mobil

Jika Anda belum balik nama, paling lama akan bertahan selama 5 tahun karena adanya pajak 5 tahunan yang mengharuskan Anda membuat STNK baru.

Dalam Proses ini Anda bisa sekalian untuk membalik nama dari mobil yang dimiliki. Caranya tinggal Anda pergi ke kantor Samsat dengan membawa KTP, STNK, BPKB, Surat pembelian mobil, dan surat cek fisik kendaraan.

Perhitungan Biaya Proses Balik Nama STNK

Advertisements

Setelah mengetahui akan cara untuk melakukan balik nama mobil, maka akan lebih baiknya jika mengenal juga mengenai biaya-biaya yang harus dikeluarkan.

Ini menjadi penting agar Anda dapat menabung uang untuk dapat balik nama STNK mobil yang dimiliki. Berikut biaya-biaya yang ada dan cara menghitungnya:

Biaya pembuatan

Biaya BBN-KB                           : 2/3 dari pajak kendaraan bermotor

Biaya SWDKLLJ                        : 143.000

Biaya Administrasi STNK           : 75.000

Biaya Administrasi TNKB           : 50.000

Itu adalah biaya-biaya pajak yang ditetapkan dalam proses balik nama. Untuk penerapannya, maka akan ada berbagai macam biaya non pajak seperti halnya biaya formulir cek fisik kendaraan, biaya pendaftaran, dan lain-lainnya tergantung dari kantor Samsat yang ada di daerah Anda.

Untuk perhitungannya akan semakin jelas jika digambarkan dengan contoh. Berikut sebuah  kegiatan balik nama mobil dengan PKB tertera sebesar 1.800.000 dan perhitungannya adalah:

BBN-KB            2/3 x 1.800                    = 1.200.000

SWDKLLJ                                             = 143.000

Adm STNK                                            = 75.000

Adm TNKB                                            = 50.000

Total biaya                                            = 1.468.000

Jadi dengan Anda memiliki mobil yang berpajak 1.800.000, maka jumlah biaya yang harus dibayarkan untuk kegiatan balik nama STNK mobil adalah sebesar 1.468.000. Namun Anda juga harus menyiapkan uang lebih untuk biaya pendaftaran dan sebagainya.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply