Berapa Lama Proses Balik Nama BPKB Mobil

Berapa Lama Proses Balik Nama BPKB Mobil

Berapa Lama Proses Balik Nama BPKB Mobil

Berapa Lama Proses Balik Nama BPKB Mobil – Hidup di zaman sekarang ini memang sangat membutuhkan yang namanya kendaraan, jika belum memiliki kendaraan maka akan sulit untuk bepergian.

Terkadang memang kendaraan ini dibutuhkan, tetapi untuk memiliki kendaraan inilah yang akan membutuhkan biaya yang banyak.

Advertisements

Akan lebih baik untuk memiliki kendaraan yang sudah dipakai daripada memiliki kendaraan yang baru, karena biaya pajak dari kendaraan yang baru ini sangatlah mahal.

Lebih baik mengeluarkan biaya balik nama BPKB mobil dari pada kita harus mengeluarkan biaya pajak yang banyak.

Juga harga kendaraan bermotor khususnya mobil yang bekas itu jauh lebih murah dibandingkan dengan harga mobil yang baru.

Berapa Lama Proses Balik Nama BPKB Mobil

Persyaratan Balik Nama BPKB Mobil

Sangat mudah memang untuk memiliki sebuah kendaraan bermotor, yang paling penting kita harus memiliki uang untuk membeli kendaraan tersebut.

Kita akan bisa menghemat uang yang akan kita gunakan untuk memiliki kendaraan jika kendaraan yang akan kita beli ini adalah kendaraan atau mobil bekas.

Memang nantinya kita akan repot untuk melakukan proses balik nama BPKB mobil, tetapi ke depannya kita tidak akan kesulitan jika kendaraan sudah atas nama kita.

Advertisements

Untuk dapat melakukan proses balik nama BPKB ini akan ada persyaratan yang harus kita penuhi. Untuk penjelasan apa saja persyaratannya bisa kita lihat di bawah ini.

  • KTP Asli Pemilik Lama Dan Pemilik Baru

Jika kita ingin melakukan balik nama BPKB kendaraan yang kita miliki, kita akan membutuhkan KTP dari pemilik lama dan KTP milik kita.

Untuk KTP pemilik lama akan dibutuhkan sebagai bukti bahwa memang benar kendaraan tersebut itu miliki dari orang tersebut. Untuk KTP milik kita ini digunakan untuk pengisian informasi kepemilikan kendaraan yang baru.

  • BPKB Asli

Kita jelas akan membutuhkan BPKB asli dari kendaraan yang sudah kita beli untuk melakukan proses balik nama. BPKB ini memang harus diserahkan ke kantor Samsat supaya nantinya kita tidak memiliki BPKB dua buah.

BPKB juga menjadi bukti bahwa mobil tersebut itu bukan mobil kredit dan sudah lunas pembeliannya.

  • STNK Asli

Jika ingin bisa melakukan proses balik nama dengan mudah maka kita harus menyiapkan STNK asli, STNK ini akan menjadi pedoman untuk pembuatan STNK yang baru.

Dengan adanya STNK ini juga akan menjadi bukti bahwa mobil tersebut itu sudah dibayarkan pajaknya atau belum.

  • Kwitansi Bukti Pembelian

Jika kita sudah membeli kendaraan bermotor, entah itu sepeda motor atau mobil pasti akan ada kwitansi bukti jual beli.

Kwitansi ini akan sangat dibutuhkan dalam proses balik nama BPKB mobil, dengan adanya kwitansi ini akan membuktikan kita sudah lunas dalam membeli mobil yang sekarang dimiliki. Kwitansi ini baru bisa dibuktikan keasliannya jika sudah dilengkapi dengan materai 6000.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply