Biaya Mengurus Proses Balik Nama Mobil Secara Pribadi

Biaya Mengurus Proses Balik Nama Mobil Secara Pribadi

Biaya Mengurus Proses Balik Nama Mobil Secara Pribadi

Mengurus Balik Nama Mobil Berapa Biayanya – Membeli sebuah unit mobil baru pastinya Anda akan mendapatkan STNK dengan nama Anda sendiri. Namun jika Anda membeli mobil bekas, maka nama dari STNK mobil tersebut pastinya bukan tertera nama Anda melainkan nama pemilik sebelumnya.

Anda pastinya akan sangat kesulitan untuk membayar pajak di saat STNK mobil yang dimiliki masih tertera nama orang lain. Di saat Anda membayar pajak pastinya Anda harus selalu meminjam KTP orang tersebut.

Advertisements

Baik jika pemilik mobil sebelumnya itu tetangga dekat, namun bila orang tersebut tiba-tiba pindah pastinya akan menjadi masalah yang cukup menyusahkan. Karena itulah mengurus balik nama mobil menjadi hal yang harus dilakukan.

Biaya Mengurus Proses Balik Nama Mobil Secara Pribadi

Biaya yang cukup dalam memang bisa Anda keluarkan jika meminta tolong kepada orang lain untuk membantu proses membalik nama mobil yang Anda miliki. Namun sebenarnya Anda bisa saja membayar lebih murah jika mau menyempatkan waktu untuk mengurusnya sendiri.

Berikut beberapa biaya yang harus Anda bayarkan saat melakukan proses kegiatan membalik nama mobil:

  • Biaya pendaftaran pada kantor Samsat

Biaya pertama untuk mengurus balik nama mobil adalah biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran akan bervariasi tergantung dari aturan Samsat tempat Anda melakukan balik nama. Biasanya biaya ini berkisar antara 50.000-75.000.

  • Biaya tetap yang harus dibayarkan

Di dalam proses pengurusan balik nama mobil Anda akan menemukan biaya prosedural yang sifatnya tetap. Biaya tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Advertisements
  • Pembuatan BPKB dengan besaran biaya Rp 225.000.
  • Pembuatan STNK dengan besaran biaya Rp.375.000.
  • Biaya administrasi STNK dengan besaran biaya Rp.50.000.
  • Pembuatan TNKB dengan besaran biaya Rp.100.000.
  • Pembuatan SWDKLLJ dengan besaran biaya Rp.143.000.

Biaya Mengurus Proses Balik Nama Mobil Secara Pribadi

  • Biaya variabel yang besarnya tergantung dari jenis kendaraan yang dimiliki

Selain biaya tetap yang harus bayar, Anda juga akan menemukan biaya BBN-KB dalam kegiatan mengurus balik nama mobil. BBN-KB adalah biaya Bea Balik Nama-Kendaraan Bermotor.

Besarnya biaya ini menyesuaikan dengan mobil yang Anda miliki. Besarnya biaya ini tergantung dari pajak tahunan dari mobil tersebut. Biaya BBN-KB akan dihitung sebesar 2/3  dari nilai Pajak Kendaraan Bermotor.

  • Ilustrasi

Agar Anda mampu lebih jelas tentang memahami biaya ganti nama, maka berikut merupakan contoh ilustrasi tentang biaya proses ganti nama sebuah mobil bekas dengan nilai pajak tahunan sebesar 3.000.000. Berikut biaya-biaya yang harus Anda bayarkan untuk kegiatan balik namanya:

Pendaftaran                        = 50.000

Pembuatan BPKB               = 225.000.

Pembuatan STNK                = 375.000.

Biaya administrasi               = 50.000.

Pembuatan TNKB                = 100.000.

Pembuatan SWDKLLJ         = 143.000.

BBN-KB 2/3 x 3.000.000      = 2.000.000

Sehingga totalnya adalah 2.943.000. Jadi Anda kira-kira harus menyiapkan uang 3.000.000 untuk dapat mengurus balik nama mobil tersebut.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply