Cara Menghitung Biaya Balik Nama Mobil

Cara Menghitung Biaya Balik Nama Mobil

Cara Menghitung Biaya Balik Nama Mobil

Cara Menghitung Biaya Balik Nama Mobil – Mengurus balik nama pastinya akan Anda lakukan untuk mempermudah pembayaran pajak jika membeli mobil bekas. STNK mobil bekas yang Anda beli pastinya masih tertera nama pemilik lama sehingga untuk pembayaran pajaknya Anda harus selalu meminjam KTP dari pemilik lama mobil tersebut.

Untuk menghindari kerepotan tersebut, maka melakukan balik nama perlu Anda lakukan sesegera mungkin. Namun dalam proses balik nama pastinya akan memerlukan biaya. Kali ini kami akan menjelaskan tentang besaran biaya balik nama mobil agar Anda mampu menyiapkan uang untuk prosesnya.

Advertisements

Mengenal Biaya-Biaya Dalam Proses Balik Nama Mobil

Mengenal akan biaya-biaya yang ada dalam proses balik nama pastinya akan sangat membantu Anda dalam mempersiapkan uang untuk membayarnya. Berikut biaya-biaya yang akan ada dalam proses balik nama dan harus Anda bayarkan:

Cara Menghitung Biaya Balik Nama Mobil

  • Biaya Bea Balik Nama

Biaya ini akan berbeda penerapannya untuk tiap-tiap daerah di Indonesia. Selain dari aturan yang berbeda dari masing-masing daerah, perlakukan biaya atas mobil baru dan bekas juga akan berbeda.

Kami Ambil contoh di wilayah DKI Jakarta, aturan akan biaya BBN untuk mobil baru adalah 10% dari kisaran harga mobil off the road, sedangkan untuk mobil bekas adalah 1%.

Advertisements
  • Biaya Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak kendaraan bermotor juga akan dihitung dalam biaya balik nama mobil. Anda akan mudah menemukan besaran biaya ini pada STNK mobil tersebut. Umur mobil akan berpengaruh dengan besaran pajak kendaraan bermotor yang Anda miliki.

Semakin lama umur mobil, maka pajak akan semakin berkurang karena susutnya nilai guna yang digunakan sebagai acuan dari perhitungan pajak kendaraan bermotor.

  • Biaya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas

Jika mobil yang Anda miliki merupakan mobil pribadi dan bukan angkutan umum, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 143.000.

  • Biaya Administrasi

Biaya administrasi ini berkenaan dengan pembuatan STNK yang baru. Kisaran dari biaya administrasi yang Anda bayarkan adalah Rp 50.000.

  • Biaya Penerbitan STNK

Seperti yang ditetapkan pada PP Nomor 60 Tahun 2016, maka ada 3 jenis biaya yang harus Anda bayarkan yaitu:

  1. Biaya penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) sebesar Rp 200.000.
  2. Biaya penerbitan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) sebesar Rp 100.000.
  3. Biaya penerbitan BPKB (Bukti pemilik Kendaraan Bermotor) sebesar Rp 375.000.

Itulah biaya balik nama mobil yang harus Anda keluarkan saat ingin mengubah nama pada STNK. Anda tinggal menghitung seluruh biaya-biaya tersebut untuk bisa mengetahui biaya total dalam pengurusan proses balik nama mobil.

Selain dari biaya tersebut, pada awal ingin balik nama tentunya Anda harus membayar biaya pendaftaran yang besarnya berbeda antar Samsat tiap daerah. Dengan melakukan pendaftaran, maka proses dari membalik nama mobil akan bisa Anda lakukan.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply