Cara Menghitung Denda Pajak Mobil Fortuner 2019

Cara Menghitung Denda Pajak Mobil Fortuner 2019

Cara Menghitung Denda Pajak Mobil Fortuner

Cara Menghitung Denda Pajak Mobil Fortuner – Denda pajak mobil akan Anda dapatkan jika telat dalam membayar pajak. Karena itulah pajak tahunan dari mobil yang Anda miliki harus benar-benar diperhatikan perihal batas tanggal akhir pembayaran pajak. Anda dapat mengetahui akan batas akhir dari pembayaran pajak dengan melihat STNK yang dimiliki.

Namun jika memang mengalami keterlambatan dalam pembayaran pajak, maka Anda pastinya harus memiliki pengetahuan tentang cara menghitung denda pajak agar mampu menyiapkan uang lebih sebagai denda sehingga tidak perlu bolak-balik dalam proses pembayarannya.

Advertisements

Menghitung Denda Pajak Mobil Fortuner Dengan Benar

Denda pajak memang akan menguras kantong yang Anda miliki. Apalagi jika mobil yang Anda miliki adalah merk Fortuner. Toyota Fortuner merupakan salah satu jenis kendaraan MVP yang tergolong mewah di Indonesia.

Pajaknya yang tergolong cukup besar tiap tahunnya pastinya akan membuat biaya denda menjadi lebih besar pula. Karena besaran pajak sebuah kendaraan itu akan dihitung berdasarkan harga off the road mobil tersebut.

Untuk mengetahui akan besarnya denda yang harus dibayarkan saat telat pajak mobil Fortuner, maka Anda haruslah mengetahui terlebih dahulu mengenai pajak tahunan yang dimiliki. Pajak tahunan dari sebuah mobil akan dapat dilihat dengan mudah pada STNK yang dimiliki.

Denda pajak mobil yang ditetapkan adalah 25% untuk tiap tahunnya. Jadi jika Anda telat satu bulan, maka persentase denda yang dibayarkan adalah 1/12 x 25%.

Bukan hanya PKB saja yang akan dibayarkan dalam cara menghitung denda pajak kendaraan mobil, Anda juga harus membayar denda  SWDKLLJ.

Bila Anda belum mengetahuinya maka SWDKLLJ adalah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas. Besaran dari denda SWDKLLJ adalah 100.000.

Contoh Biaya Denda  Mobil Fortuner

Advertisements

Untuk lebih jelasnya mengenai pembayaran denda pada mobil Fortuner, maka kami akan memberikan contoh berikut ini:

Pak Tarman memiliki mobil Fortuner dengan PKB sebesar 6.000.000 rupiah dan mengalami keterlambatan pembayaran pajak selama 4 bulan. Untuk menghitung denda pajak yang harus dibayarkan Pak Tarman adalah :

  • Pokok pajak tahunan yang harus dibayar

Polok pajak yang harus dibayarkan akan dihitung dari Pajak tahunan ditambah dengan biaya SWDKLLJ yaitu: 6.000.000 + 100.000 = 6.100.000 rupiah.

  • Denda selama 4 bulan yang harus dibayar

Denda PKB                                                       = 500.000

6.000.000 x 25% x (4/12)

Denda SWDKLLJ                                              = 100.000

Total denda                                                       = 600.000

Jadi untuk menghitung total denda yang harus Pak Tarman bayarkan untuk keterlambatan mobil Fortuner selama 4 bulan adalah sebesar 6.100.000 + 600.000 = 6.700.000 rupiah.

Cara Menghitung Denda Pajak Mobil Fortuner

Itulah cara menghitung denda pajak dari sebuah mobil Fortuner yang bisa Anda pelajari. Semoga dengan mengetahui tentang cara menghitung pajak tersebut dapat menambah wawasan Anda tentang seluk-beluk perpajakan mobil sehingga Anda mampu menghindari pembengkakan biaya oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply