Apa Syarat Bayar Pajak Mobil Avanza? Terbaru 2019

Apa Syarat Bayar Pajak Mobil Avanza? Terbaru 2019

Apa Syarat Bayar Pajak Mobil Avanza?

Apa Syarat Bayar Pajak Mobil Avanza? – Di era yang semakin maju ini, banyak para pemilik mobil yang belum paham bahkan belum tahu bagaimana cara dan syarat bayar pajak mobil.

Padahal Anda hanya perlu mendatangi Samsat dan mengikuti prosedur yang di tetapkan di sana. Tetapi terkadang masyarakat cenderung enggan meluangkan waktu untuk datang ke Samsat dan lebih memilih meminta tolong pada orang lain dengan membayarnya.

Advertisements

Dengan membayar pajak secara tertib Anda akan merasa lebih aman, nyaman dan tak akan menjadi bulan-bulanan aparat kepolisian karena menunggak pajak.

Jadi mari bayar pajak dengan tepat waktu. Jika Anda masih enggan karena tidak tahu cara dan persyaratannya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Cara dan Syarat Membayar Pajak Mobil

Jika Anda memiliki mobil Avanza dan hendak membayarkan pajaknya ke Samsat, maka Anda harus mengikuti prosedur dan memenuhi persyaratan seperti di bawah ini:

Apa Syarat Bayar Pajak Mobil Avanza?

  • Mengisi Formulir Permohonan Perpanjang STNK

Saat Anda sudah mendatangi Samsat, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengisi formulir untuk perpanjangan STNK  yang sesuai dengan data pada BPKB dan STNK. Anda bisa memperoleh formulir di loket pendaftaran. Isilah formulir tersebut dengan benar dan lengkap dan dengan melampirkan beberapa berkas seperti :

Advertisements
  • Syarat Perpanjangan Pajak STNK Tahunan

Berkas syarat bayar pajak mobil  untuk bisa memperpanjang pajak STNK tahunan antara lain yaitu menyerahkan STNK baik yang asli dan foto kopian. BPKB asli dan yang fotokopi serta menyerahkan KTP Anda baik yang fotokopi ataupun yang asli juga yang namanya sesuai dengan nama yang tercantum pada STNK dan BPKB.

  • Syarat Perpanjangan Pajak STNK 5 Tahun

Berkas yang Anda siapkan  berikutnya yaitu untuk perpanjangan selama 5 tahun, berkas tersebut antara lain hasil cek fisik kendaraan, STNK yang asli maupun fotokopi, fotokopi BPKB dan yang terakhir lampirkan juga KTP Anda baik yang fotokopi ataupun yang asli juga yang namanya sesuai dengan nama yang tercantum pada STNK dan BPKB.

  • Menyerahkan Berkas Ke Loket

Serahkan semua berkas yang telah Anda persiapkan sebelumnya kepada bagian loket penyerahan berkas di Samsat. Berkas tersebut akan di cek kelengkapannya.

  • Mengantri Sesuai Urutan

Setelah berkas diserahkan dan dicek oleh petugas Samsat, berikutnya Anda akan diminta menunggu sesuai dengan nomor antrian yang Anda dapatkan sebelumnya.

  • Menyerahkan Slip Pembayaran Dan Uang Yang Dibayar

Serahkan slip untuk pembayaran pajak di loket pembayaran yang sudah disediakan dan disertai dengan sejumlah uang yang harus Anda bayarkan.

  • Menyerahkan Tanda Bukti Pembayaran untuk Mengambil STNK

Agar bisa mengambil STNK asli, Anda harus menyerahkan bukti pembayaran pajak yang telah dilakukan sebelumnya.

Demikianlah cara serta syarat bayar pajak mobil yang bisa Anda pahami sebelum melaksanakan pembayaran ke Samsat terdekat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda sekalian dan mari terapkan pola tertib membayar pajak. Anda tenang, berkendara pun nyaman.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply