Balik Nama Mobil BPKB Di Leasing Apakah Bisa?

Balik Nama Mobil BPKB Di Leasing Apakah Bisa?

Balik Nama Mobil BPKB Di Leasing Apakah Bisa?

Balik Nama Mobil BPKB Di Leasing  – Jika Anda hendak membeli mobil second pasti Anda berpikir apakah mobil ini masih kredit atau sudah lunas. Pertanyaan tersebut wajar muncul pada orang yang belum tahu apakah balik nama mobil BPKB di leasing bisa atau tidak. Pertanyaan yang menarik memang dan akan kita bahas pada artikel kali ini.

Untuk balik nama dengan kondisi BPKB masih leasing atau kredit sebenarnya bisa saja. Meski demikian, mobil yang masih berstatus di kredit harus ada penjaminnya. Maksudnya adalah identitas di pemohon kredit merupakan seseorang yang mempunyai kemampuan finansial.

Advertisements

Contohnya adalah seorang ibu yang membelikan mobil untuk anaknya dengan BPKB dan STNK atas nama anak tersebut lalu suatu ketika identitas kepemilikan hendak dipindah ke ayahnya.

Dari contoh kasus ini, perubahan identitas kepemilikan atas mobil bisa di lakukan dengan catatan identitas yang membayar angsuran kredit tidak boleh berganti-ganti.

Balik Nama Mobil BPKB Di Leasing Apakah Bisa?

Untuk melakukannya, pihak debitur yang membayarkan biaya kredit bulanan diharuskan agar membuat permohonan perubahan atas identitas ke pihak leasing. Caranya yaitu dengan memberi surat kuasa pada pihak leasing agar mengurus perubahan data kepemilikan mobil.

Proses Surat Kuasa

Advertisements

Surat kuasa sangat penting dalam proses balik nama mobil BPKB masih di leasing. Penyerahan surat kuasa untuk mutasi pada pihak leasing dilaksanakan apabila seluruh proses resmi atau legal dan secara administrasi telah rampung di sepakati. Pemohon diharuskan membuat surat pernyataan perubahan data dilaksanakan atas kesepakatan bersama.

Perjanjian Berlaku 2 Pihak

Perjanjian kredit atas kepemilikan kendaraan hanya berlaku di antara 2 pihak. Pihak tersebut adalah pemberi kredit, yaitu antara lembaga pemberi biaya dengan pihak dari pemohon kredit yang identitasnya akan dijadikan data di kendaraan.

Jadi jika balik nama atau pindah tangan tanpa disertai penjamin tetap yang akan membayar angsuran maka nantinya akan sulit. Jika tetap ingin melakukannya maka pihak yang saling terkait secara kredit harus membereskannya terlebih dahulu.

Sebenarnya untuk melakukan balik nama mobil yang masih di kredit maka pemiliknya yang pertama harus melunasi dulu sisa kreditnya.

Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi over kredit atau kemungkinan si pemilik ke dua yang harus melunasi malah tidak sanggup membayarkannya sehingga kendaraan akan ditarik dan pemilik pertama akan di black list.

Tetapi jika pihak leasing setuju dan percaya pada pemohon kredit setelah over kredit, maka yang harus dilakukan cukup mengajukan surat permohonan perubahan data dan di tunjukkan ke leasing.

Persyaratan Balik Nama

  • Kartu Tanda Identitas Pembeli
  • Cek Fisik Kendaraan Yang Dilakukan Di Samsat
  • STNK asli
  • BPKB asli
  • Formulir Pendaftaran Balik Nama

Itulah penjelasan mengenai balik nama mobil BPKB masih di leasing. Semoga informasi ini dapat berperan serta membantu Anda untuk melakukan balik nama. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply