Biaya Cabut Berkas Mobil Berapa Ya?

Biaya Cabut Berkas Mobil Berapa Ya?

Biaya Cabut Berkas Mobil Berapa Ya?

Biaya Cabut Berkas Mobil  – Saat Anda memiliki mobil atau kendaraan bermotor lainnya lalu hendak melakukan pindah alamat ke kabupaten atau kota yang berbeda maka Anda diharuskan untuk mengurus cabut berkas mobil atau mutasi keluar serta membayar biaya cabut berkas mobil.

Hal ini juga akan dilakukan jika adanya proses jual beli kendaraan second dengan lokasi kendaraan yang berbeda dengan alamat yang tertera pada STNK dan BPKB.

Advertisements

Kelengkapan Cabut Berkas

Untuk bisa mencabut berkas, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak yang berwenang. Berkas tersebut di antaranya seperti STNK dan BPKB, cek fisik kendaraan, kwitansi jual beli yang ditandatangani di atas materai Rp 6.000 dan KTP pemilik dengan alamat yang hendak dituju.

Untuk badan hukum dibutuhkan keterangan domisili,  salinan dari akta pendirian beserta fotokopinya, surat kuasa dengan materai cukup yang ditanda tangani pimpinan dan di bubuhi stempel badan hukum terkait.

Biaya Cabut Berkas Mobil Berapa Ya?

Jika persyaratan di atas telah terpenuhi dan lengkap maka berikutnya Anda harus mendatangi kantor Samsat yang berada di daerah menurut alamat yang tertera di plat mobil terdaftar saat ini. Kemudian lakukanlah prosedur atau cara pengurusan cabut berkas mobil.

Biasanya akan ada petunjuk langkah pengurusan di kantor Samsat atau jika Anda tak bisa menemukan petunjuk tersebut Anda bisa menanyakannya langsung pada petugas Samsat.

Advertisements

Biaya Cabut Berkas

Jika sudah demikian, selanjutnya yang jadi pertanyaan adalah berapakah biaya cabut berkas mobil. Pada umumnya besar biaya tersebut sekitar Rp 250.000 dan belum ditambah biaya penerbitan STNK, BPKB, TNKB dan surat mutasi serta biaya balik nama.

Untuk mengetahui nominal pokok dari bea balik nama terutang, Anda bisa menghitungnya dengan cara  tarif NJKB atau nilai jual kendaraan bermotor di kali tarif BBN (bea balik nama). Tarif BBN mobil Anda ditetapkan sebesar  :

  • 10% = kendaraan bermotor pribadi, pemerintah daerah, badan pemerintah, Polri dan TNI.
  • 10% = untuk angkutan umum
  • 0,75% = untuk kendaraan alat-alat besar dan alat berat.

Mulai Januari tahun lalu, biaya PNPB untuk balik nama kendaraan bermotor termasuk mobil mengalami penyesuaian. Biaya PNBP mobil menurut PP No.60 Th.2016 Mengenai Jenis serta Tarif PNBP Polri yaitu sebagai berikut:

  • Biaya Penerbitan STNK sebesar Rp 200.000
  • Biaya Penerbitan TNKB sebesar Rp 100.000
  • Biaya Penerbitan BPKB sebesar Rp 375.000
  • Biaya Penerbitan untuk surat mutasi sebesar Rp 250.000

Dengan demikian, komponen biaya yang wajib dibayar agar bisa melakukan cabut berkas antara lain adalah Bea Balik Nama + Biaya Penerbitan TNKB + Biaya Penerbitan STNK + Biaya Penerbitan untuk surat mutasi + Biaya Penerbitan BPKB. Untuk info lebih rinci Anda bisa mendatangi Samsat.

Itulah penjelasan mengenai biaya cabut berkas mobil yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dan selamat mencoba.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply