Biaya Cabut Berkas Motor Lewat Biro Jasa

Biaya Cabut Berkas Motor Lewat Biro Jasa

Biaya Cabut Berkas Motor Lewat Biro Jasa

Biaya Cabut Berkas Motor – Meski sudah umum dilakukan, cabut berkas motor terkadang terasa berat untuk dilakoni. Anda di haruskan untuk mengantri lalu menunggu dan menunggu lagi dan membuat waktu Anda terasa terbuang.

Hal tersebutlah yang terkadang membuat banyak orang lebih memilih menyuruh orang lain atau mencari jasa yang mau menguruskannya dengan syarat di beri biaya tambahan selain biaya cabut berkas motor.

Advertisements

Setiap biro jasa menawarkan tarif yang berbeda – beda satu sama lain. Yang membedakan salah satunya adalah karena domisili yang berbeda antara si pemilik jasa dengan klien atau pelanggannya sehingga pengurusannya lebih jauh.

Biaya untuk cabut berkas melalui biro jasa adalah akumulasi dari biaya pokok cabut berkas yang ditanggung di tambah tarif jasa yang sudah di tetapkan di biro tersebut.

Tarif Biro Jasa Cabut Berkas Motor

Pihak biro jasa di Bandung memberikan daftar tarif harga pengurusan cabut berkas seperti di bawah ini:

  • Jawa Barat kecuali Bandung = Rp 700.000 (selain pajak)
  • Jakarta = Rp 800.000 (selain pajak)
  • Jawa Tengah = Rp 1.300.000 (selain pajak)
  • Jawa Timur = Rp 1.300.000 (selain pajak)
  • Luar Jawa = Rp 2.000.000 (selain pajak)

Setelah tahu tarifnya, Anda lalu perlu menambahkan tarif tersebut dengan biaya cabut berkas motor yang ditanggung. Biaya untuk cabut berkas biasanya paling tidak Rp 250.000 dan belum ditambah biaya penerbitan STNK, BPKB, TNKB dan surat mutasi serta biaya balik nama serta tarif biro seperti di atas.

Advertisements

Biaya Cabut Berkas Motor Lewat Biro Jasa

Untuk mengetahui nominal pokok dari bea balik nama terutang, Anda bisa menghitungnya dengan cara  tarif NJKB atau nilai jual kendaraan bermotor di kali tarif BBN (bea balik nama). Tarif BBN mobil Anda ditetapkan sebesar  :

  • 10% = kendaraan bermotor pribadi, pemerintah daerah, badan pemerintah, Polri dan TNI
  • 10% = untuk angkutan umum
  • 0,75% = untuk kendaraan alat-alat besar dan alat berat

Biaya PNBP mobil menurut PP No.60 Th.2016 Mengenai Jenis serta Tarif PNBP Polri yaitu sebagai berikut:

  • Biaya Penerbitan STNK sebesar Rp 200.000
  • Biaya Penerbitan TNKB sebesar Rp 100.000
  • Biaya Penerbitan BPKB sebesar Rp 375.000
  • Biaya Penerbitan untuk surat mutasi sebesar Rp 250.000

Dari penjelasan di atas maka komponen biaya yang wajib dibayar agar bisa melakukan cabut berkas antara lain adalah Bea Balik Nama + Biaya Penerbitan TNKB + Biaya Penerbitan STNK + Biaya Penerbitan untuk surat mutasi + Biaya Penerbitan BPKB. Nah bagi Anda yang menggunakan biro jasa maka jangan lupa untuk memasukkan tarif jasa tersebut juga.

Nah demikianlah beberapa list tarif biro jasa yang mau menguruskan mutasi dengan syaratnya yaitu di beri biaya tambahan selain biaya cabut berkas motor. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply