Cara Balik Nama Mobil Tapi BPKB Masih Di Leasing Lakukan Cara Ini

Cara Balik Nama Mobil Tapi BPKB Masih Di Leasing Lakukan Cara Ini

Cara Balik Nama Mobil Tapi BPKB Masih Di Leasing Lakukan Cara Ini

Cara Balik Nama Mobil Tapi BPKB Masih Di Leasing  – Memiliki kendaraan bermotor memang sudah menjadi impian banyak orang, karena dengan menggunakan kendaraan pribadi akan lebih nyaman dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Tetapi akan ada hambatan yang akan kita rasakan jika ingin memiliki kendaraan ini.

Terkadang uang yang kita miliki itu tidak akan cukup untuk membeli mobil baru. Jadi ujung-ujungnya kita hanya bisa membeli mobil bekas, untuk bisa membuat mobil ini menjadi hak milik kita sepenuhnya maka kita harus mengetahui cara balik nama mobil.

Advertisements

Cara Mudah Melakukan Proses Balik Nama Mobil Di Leasing

Sudah menjadi kewajiban bagi warga negara untuk dapat melakukan pembayaran pajak setiap tahunnya. Tetapi akan sangat sulit melakukan hal tersebut jika kendaraan yang dimiliki belum atas nama sendiri.

Jadi harus melakukan proses balik nama mobil, jika mobil ini baru kita beli memang mudah untuk melakukan hal tersebut. Tetapi akan sangat sulit jika mobil sedang dijadikan jaminan hutang di leasing.

Cara Balik Nama Mobil Tapi BPKB Masih Di Leasing Lakukan Cara Ini

Memang wajar jika banyak masyarakat yang melakukan pinjaman ini, hal ini diakibatkan biaya hidup yang semakin banyak. Ada cara balik nama mobil yang mudah dilakukan meskipun mobil tersebut itu sedang di leasingkan. Untuk penjelasan dari cara tersebut bisa kita lihat di bawah ini.

Advertisements
  • Meminta Surat Pengantar Dari Leasing

Jika kita ingin merubah nama kepemilikan mobil yang kita miliki maka kita harus mendatangi kantor leasing tempat kita melakukan pinjaman uang. Kita akan meminta surat pengantar yang berisi bahwa BPKB mobil sedang dijadikan jaminan hutang, jika kantor leasing ini memang bagus pasti akan dengan mudah memberikan surat ini.

Untuk mendapatkan surat ini kita harus mendatangi bagian custodian yang memang mengurus BPKB. Kita akan diwajibkan untuk memenuhi syarat yang diajukan oleh bagian ini. Jika syarat sudah kita penuhi, maka kita tinggal menunggu surat ini jadi.

  • Melakukan Proses Balik Nama Di Kantor Samsat

Dengan kita membawa surat pengantar ini kita sudah tidak perlu lagi membawa BPKB asli untuk dapat melakukan balik nama. Selain kita harus membawa surat pengantar, kita juga akan membutuhkan KTP pemilik mobil yang lama dan juga KTP kita.

Kemudian kita juga akan membutuhkan STNK dan bukti pembelian mobil disertai materai 6000. Jika semua syarat sudah dipenuhi kita tinggal melakukan pengecekan fisik kendaraan dan melakukan pembayaran biaya balik nama mobil.

Jika sudah membayar, kita minta surat yang akan dijadikan bukti untuk mengambil BPKB 3 minggu setelah proses balik nama dilakukan.

Itulah beberapa cara balik nama mobil yang sedang dileasingkan, jadi akan sangat mudah melakukan proses ini jika kita sudah menyiapkan syaratnya terlebih dahulu. Karena pihak Samsat tidak akan mungkin mau melayani masyarakat yang tidak mematuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh pihak Samsat.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply