Cara Menghidupkan Pajak Motor Yang Mati 2019

Cara Menghidupkan Pajak Motor Yang Mati 2019

Cara Menghidupkan Pajak Motor Yang Mati

Cara Menghidupkan Pajak Motor Yang Mati – Kebanyakan masyarakat yang hendak menghidupkan pajak motor yang mati kadang takut atau pun bingung untuk mengurusnya karena rumor yang mengatakan bahwa prosesnya terlalu panjang.

Hal tersebut akhirnya membuat mereka lebih memilih menggunakan jasa calo untuk mengatasi masalah tersebut. Padahal sebenarnya jika ingin menghidupkan STNK yang telat pajak terbilang cukup mudah, Anda hanya harus meluangkan waktu untuk mendatangi Samsat terdekat lalu mengikuti prosedur yang di tetapkan.

Advertisements

Petugas Samsat sendiri sebenarnya juga sudah sangat mewanti-wanti masyarakat agar tidak menggunakan calo dan menyarankan agar datang saja dahulu ke Samsat. Di sana Anda akan dilayani oleh para petugas yang siap membantu Anda jika mengalami kesulitan.

Proses Menghidupkan Pajak Motor

Agar bisa menghidupkan pajak motor, Anda diharuskan mendatangi Samsat terdekat terlebih dahulu. Di sana Anda akan bertemu staf Samsat yang akan membimbing dan melayani pengurusan pajak.

Tetapi daripada hanya bergantung pada bantuan staf, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana proses pengurusannya sendiri. Nah berikut ulasan langkah-langkah menghidupkan pajak STNK:

Cara Menghidupkan Pajak Motor Yang Mati

  • Mengambil dan Mengisi Formulir

Jika Anda sudah berada di Samsat segera ambil dan isilah formulir yang telah di sediakan oleh petugas. Masukan data secara jelas, lengkap dan benar.

Advertisements

Siapkan juga beberapa berkas lampiran seperti STNK Anda, KTP, serta BPKB dengan identitas yang sama dengan STNK dan KTP. Masing-masing berkas tersebut juga di sertai dengan fotokopinya.

  • Menyerahkan Berkas

Tahapan berikutnya untuk menghidupkan pajak motor yang mati adalah dengan menyerahkan berkas ke loket. Semua berkas yang sudah lengkap dan formulir yang telah di isi sebelumnya di serahkan pada petugas di loket yang telah di sediakan. Selanjutnya Anda akan diminta mengantri dan menunggu proses penerbitan formulir yang berwarna kuning.

Jika kartu kuning yang berisikan SWDKLLJ atau sumbangan wajib serta dana kecelakaan lalu lintas jalan dari PT Jasa Raharja yang Anda tunggak selesai di cetak maka Anda bisa langsung menuju bagian kasir untuk mengurusi pembayarannya.

Untuk besarnya denda Anda bisa meminta bantuan petugas untuk menghitungnya apabila Anda memang belum tahu caranya.

  • Proses Pembayaran Pajak

Pembayaran pajak agar bisa menghidupkan STNK tidak memerlukan waktu lama, Anda hanya perlu menunggu sesuai nomor antrian. Jika pembayaran telah dirampungkan, segera menuju ke loker penyerahan berkas.

Tunjukanlah bukti dan slip pembayaran pajak sehingga Anda bisa mengambil beberapa berkas setoran pajak (PKB atau BBN-KB). Berikutnya Anda bisa kembali ke kasir untuk membayar pajak lalu mengambil STNK.

Nah demikianlah cara mudah dan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghidupkan kembali pajak motor yang mati. Sebaiknya Anda selalu membayar pajak tepat waktu agar tak perlu mengurus hal seperti ini lagi di kemudian hari. Patuhi peraturan pemerintah dan kehidupan berkendara akan semakin menyenangkan.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply