Cara Mengurus Pajak Mobil Mati 5 Tahun 2019

Cara Mengurus Pajak Mobil Mati 5 Tahun 2019

Cara Mengurus Pajak Mobil Mati 5 Tahun

Cara Mengurus Pajak Mobil Mati 5 Tahun – Salah satu cara untuk mengurus pajak mobil mati selama 5 tahun bahkan lebih adalah melalui pemutihan. Upaya ini dilakukan karena banyak sekali masyarakat yang telah melanggar aturan dengan menunggak pajak bertahun-tahun.

Cara mengurus pajak mobil yang telah mati bertahun-tahun tak jauh berbeda dengan mengurus pembayaran pajak pada mobil biasa. Hanya saja nantinya akan ada denda yang diberlakukan.

Advertisements

Prosedur Mengurus Pajak Mobil Mati

Untuk mengurus pajak mobil, Anda harus melakukan beberapa tahapan seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Siapkan Berkas

Sebelum Anda mendatangi kantor Samsat untuk mengurus pajak mobil yang telah mati, pertama-tama siapkan dulu berkas yang akan diperlukan. Berkas tersebut merupakan kelengkapan atau syarat mengurus pajak.

Berkas tersebut di antaranya seperti STNK, BPKB dan KTP baik dalam bentuk yang asli dan juga yang berupa salinan atau fotokopian. Nama yang tercantum di ketiga berkas tersebut harus sama.

Cara Mengurus Pajak Mobil Mati 5 Tahun

Jika Anda hendak mengurus pajak untuk perpanjangan hingga 5 tahun Anda harus melampirkan hasil cek fisik kendaraan juga. Untuk perpanjangan pajak sendiri ada 2 opsi yang bisa Anda pilih yaitu untuk jangka 5 tahun atau setahun saja.

  • Kunjungi Samsat Terdekat

Setelah semua berkas Anda sudah dipastikan lengkap, datangilah Samsat terdekat. Untuk menghindari antrian yang panjang akan lebih baik jika Anda datang di awal jam kerja di mulai. Karena selain untuk mengurus pajak mobil mati, pasti banyak juga masyarakat yang memiliki urusan di Samsat.

Advertisements
  • Isi Formulir Perpanjangan STNK

Ketika sudah sampai Samsat, Anda akan diminta mengisi formulir permohonan perpanjangan STNK dengan data yang sesuai dengan STNK dan BPKB yang Anda miliki saat ini. Formulir tersebut bisa Anda peroleh di loket pendaftaran.

Isilah semua yang ada pada formulir secara lengkap dan benar. Lampirkan juga berkas yang telah Anda persiapkan tadi bersama formulir ini.

  • Menyerahkan Berkas Pada Loket

Formulir yang telah terisi dan dilampiri berkas selanjutnya diserahkan ke loket bagian penyerahan berkas. Di sini berkas Anda akan di cek kelengkapannya. Jika berkas belum lengkap maka akan dikembalikan kepada pemiliknya untuk segera dilengkapi.

  • Menunggu Giliran dan Membayar Pajak

Setelah berkas tersebut di serahkan ke loket maka Anda akan diminta menunggu sesuai nomor antrian hingga prosesnya selesai.

Jika sudah, Anda akan dipanggil dan diberi slip pembayaran pajak yang di dalamnya tercantum besarnya pajak selama 5 tahun yang sudah Anda tunggak.

Dengan Anda membayar pajak selama 5 tahun mobil Anda mati, maka mobil tersebut akan  bisa digunakan lagi dengan aman.

  • Pengambilan STNK

Prosedur terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan menyerahkan bukti pembayaran pajak yang telah Anda dapatkan sebelumnya agar bisa mengambil berkas asli yang kita serahkan sebelumnya seperti STNK.

Nah itulah tahapan untuk mengurus pajak mobil mati selama 5 tahun atau lebih. Jadilah masyarakat yang taat aturan, tertib dan mari Kita hidup dengan aman dan sejahtera. Semoga informasi ini dapat membantu dan selamat mencoba.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply