Denda Pajak Mobil Telat 1 Bulan Berapa Ya?

Denda Pajak Mobil Telat 1 Bulan Berapa Ya?

Denda Pajak Mobil Telat 1 Bulan Berapa Ya?

Denda Pajak Mobil Telat 1 Bulan  – Jika Anda memiliki kendaraan mobil, satu hal yang boleh terlewatkan hingga terlupakan yaitu bayar pajak STNK per tahun. Jika terlambat, maka Anda akan mendapat denda pajak mobil telat yang besarnya menyesuaikan seberapa lama keterlambatan Anda.

Denda tersebut akan difungsikan sebagai input dana untuk pembangunan infrastruktur jalan atau yang lainnya sehingga akan memperlancar lalu lintas dan kegiatan berkendara Anda.

Advertisements

Denda Pajak Mobil Telat 1 Bulan Berapa Ya?

Denda yang di tetapkan oleh pemerintah saat ini sudah semakin tinggi sehingga akan lebih baik jika Anda tidak terlambat untuk membayarkan pajak yang Anda tanggung. Anda hanya cukup meluangkan 1 hari kerja dalam setahun untuk membayarkannya.

Besarnya denda yang di tetapkan pemerintah saat ini sudah mencapai 25 %. Apabila Anda telat 1 bulan maka Anda akan dikenakan denda tambahan 2 %. Hal tersebut berlaku kelipatan hingga mencapai batas maksimal 48 %.

Cara Menghitung Denda Pajak

Jika Anda sudah melewatkan waktu tempo pembayaran pajak mobil, maka Anda jelas dikenakan denda. Besarnya denda tersebut di hitung sesuai keterlambatan Anda dalam pembayaran. Sebelum mengetahui cara menghitung denda, Anda perlu mengetahui beberapa data yang diperlukan.

Data tersebut di antaranya seperti jenis mobil yang Anda miliki, merk dan tipe mobil serta tahun pembuatan mobil tersebut, besarnya CC, apa fungsi mobil tersebut untuk pribadi atau umum, STNK serta kapan waktu jatuh tempo pembayaran seharusnya.

Advertisements

Jika Anda sudah melewati tanggal jatuh tempo, apakah Anda sudah jelas akan dikenakan denda pajak mobil telat? Perlu Anda pahami bahwa pemerintah memberikan keringanan bagi Anda dengan adanya toleransi keterlambatan membayar pajak.

Toleransi tersebut hanya berlaku selama 1 hari masa kerja. Jadi jika hari ini Anda terlambat membayar pajak, maka lusa Anda masih diperbolehkan membayarnya dalam catatan hari tersebut merupakan  hari kerja, bukan hari libur.

Nah berikut ini cara menghitung pajak mobil Anda yang telat 1 bulan

  • Denda PKB = Keterlambatan 2-30 hari= 25%
  • Apabila terlambat >1bulan = 25% = [(jumlah bulan keterlambatan-1)x 2%)]
  • Penghitungan keterlambatan paling akhir 48 bulan lebih dari itu tetap dikali 48
  • Denda SWDKLLJ = Rp 100.000 (antara 1 hari hingga 1 tahun nominalnya sama)

Untuk denda PKB dihitung per bulan dan tahun sehingga perhitungannya yaitu PKB x 25 % (1/12).

Jika Anda memiliki PKB pokok sebesar Rp 1.500.000 dan terlambat membayar pajak mobil, maka perhitungannya adalah :

  1. Pokok
  • PKB = Rp 1.500.000
  • SWDKLLJ =  Rp 143.000
  • Total A = Rp 1.643.000
  1. Denda
  • PKB = Rp 1.500.000 x 25 % x (1/12) = Rp 31.250
  • SWDKLLJ = Rp 100.000
  • Total B = Rp 131.250

Total Pembayaran = Total A + Total B = Rp 1.643.000 + Rp 131.250 = Rp 1.774.250

maka dari itu total yang harus Anda bayar jika terlambat selama 1 bulan adalah total denda ditambah total pokok yang harus dibayar sebesar Rp 1.774.250.

Demikian cara menghitung denda pajak mobil telat selama 1 bulan. Semoga informasi ini dapat membantu.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply