Telat Bayar Pajak Mobil 1 Hari Apa Kena Denda?? 2019

Telat Bayar Pajak Mobil 1 Hari Apa Kena Denda?? 2019

Telat Bayar Pajak Mobil 1 Hari Apa Kena Denda??

Telat Bayar Pajak Mobil 1 Hari  – Di masyarakat senter kabar bahwa jika Anda telat  bayar pajak mobil 1 hari maka akan terkena denda 1 tahun. Hal ini membuat beberapa dari pemilik mobil lebih memilih untuk membiarkan pajaknya menunggak satu tahun baru lalu di bayar. Alasannya adalah agar tak perlu membayar double. Padahal kenyataannya hal tersebut tidak benar.

Herryandi Sinulingga atau biasa di panggil Lingga, kepala UPTB Palembang II menyatakan bahwa kendaraan yang terlambat dibayar 1-2 hari tidak akan di denda dan mengharuskan membayar denda 1 tahun.

Advertisements

Memang benar Anda akan dikenakan denda jika terlambat melakukan pembayaran, namun besarnya denda yang harus di bayar adalah bergantung pada seberapa lama keterlambatan Anda untuk membayar pajak.

Saat ini denda yang di tetapkan oleh pemerintah sudah semakin tinggi, bisa mencapai 25 % dari pajak tahunan. Hal ini berarti jika Anda mengalami keterlambatan selama 1 bulan maka dendanya sebesar 2%, terlambat 4 bulan dendanya 8,3 %.

Telat Bayar Pajak Mobil 1 Hari Apa Kena Denda??

Namun saat ini sudah ada aturan baru mengenai denda pajak mobil, yaitu Anda akan dikenakan denda sebesar 25% meski terlambat 2 hari setelah tanggal tempo pembayaran.

Apabila terlambat 1 bulan, denda tambahan bertambah 2 % dan begitu seterusnya hingga mencapai 48%. Maka dari itu usahakan agar Anda tidak telat bayar pajak mobil.

Data Penghitungan Pajak

Advertisements

Hal yang Anda harus lakukan saat hendak menghitung pajak mobil di antaranya seperti : STNK, jenis mobil, merk mobil, tipe mobil, tahun pembuatan mobil, besarnya CC, kegunaan mobil (umum, pribadi atau lainnya), tanggal jatuh tempo.

Toleransi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Meski dendanya cukup besar, pemerintah masih tetap memberi keringanan berupa toleransi keterlambatan selama 1 hari kerja.

Misalnya Anda harus membayar pada tanggal 15 hari Rabu maka ada toleransi satu hari kerja sehingga Anda diperbolehkan membayar pada hari Jumat tanggal 17. Jika batas waktu jatuh pada hari Sabtu, makan

Cara Menghitung Pajak Kendaraan

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menghitung pajak, berikut cara untuk menghitung pajak kendaraan

  • Denda PKB = Keterlambatan 2-30 hari= 25%
  • Apabila terlambat >1bulan = 25% = [(jumlah bulan keterlambatan-1)x 2%)]
  • Penghitungan keterlambatan paling akhir 48 bulan lebih dari itu tetap dikali 48
  • Denda SWDKLLJ = Rp 100.000

Kategori Denda Jika Terlambat Bayar Pajak

Kategori denda apabila Anda mengalami keterlambatan pembayaran pajak adalah denda Atas SWDKLLJ dan denda Atas PKB.

Demikian penjelasan terkait jika Anda mengalami telat bayar pajak mobil. Semoga informasi ini dapat membantu Anda sekalian mengatasi masalah perpajakan.

Jadi perhatikan betul tanggal berapa Anda mesti membayar pajak agar tidak sampai telat karena jika telat maka ada uang lebih yang mesti dibayarkan untuk membayar dendanya.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply